Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)

Contoh Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay) - Halo selamat datang kembali di blog soal-soal sekolah, postingan soal ilmu pengetahuan sosial kelas viii semester ganjil K13 SMP/MTS edisi revisi ini, berisikan materi soal yang sama dengan soal PG ips kelas 8 sebelumnya, yaitu, tentang "Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-negara Asean", seperti soal mengenal negara-negara ASEAN, interaksi antarnegara-negara ASEAN dan terakhir adalah soal mengenai pengaruh perubahan dan interaksi keruangan terhadap kehidupan di negara-negara ASEAN.
Baca juga: 50+ contoh soal essay IPS kelas 7 dan juga Contoh Soal IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)

Berikut dibawah ini, soal essai/uraian IPS kurtilas beserta jawaban kelas 8 semester ganjil dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.

1. Tulis tentang upaya-upaya meningkatkan kerja sama di antara negara-negara ASEAN!
Jawaban : Pembangunan kerjasama di antara negara-negara ASEAN harus berfokus pada masyarakat (people centered approach) dalam multisector. Tiga pilar ASEAN sebagai upaya meningkatan kerjasama antar negara-negara ASEAN dalam rangka pembentukan Masyarakat ASEAN tahun 2015 harus makin ditingkatkan. Dengan berperan dalam kerjasama ASEAN, Indonesia selayaknya dapat meningkatkan daya tawarnya. Peningkatan kerjasama tersebut memerlukan kekompakan konsisitensi, keterbukaan, rasa ke-kita-an (we feeling), saling menghormati, dan kesetiakawanan sosial serta dinamis dalam menjalani kerjasama.

2. Jelaskan perbedaan mendasar antara iklim musim, iklim panas, dan iklim laut!
Jawaban : Secara umum, keadaan iklim di indonesia di pengaruhi oleh tiga jenis iklim, yaitu iklim musim, iklim laut, dan iklim panas. Perbedaan mendasar antara iklim musim, iklim panas, dan iklim laut adalah sebagai berikut.
a. Iklim musim, dipengaruhi oleh angin musim yang berubah-ubah setiap periode waktu tertentu. Biasanya satu periode perubahan adalah enam bulan.
b. Iklim laut, terjadi Karena indonesia memiliki wilayah laut yang luas sehingga banyak menimbulkan penguapan dan akhirnya mengakibatkan terjadinya hujan.
c. Iklim panas, terjadi karena indonesia berada di daerah tropis. Suhu yang tinggi mengakibatkan penguapan yang tinggi dan berpotensi untuk terjadinya hujan.

3. Mengapa hanya Malaysai yang disebut negara Serumpun? Mengapa negara-negara tetangga lainnya tidak disebutkan? Karena hampir memiliki benyak kesamaan dari Bahasa., ras dan budaya antara Malaysia dengan Indonesia satu contoh, kalua kita berpergian ke luar negri mungkin hanya Malaysia yang masih mudah beradaptasi dan tidak merasa menjadi orang asing. Singapura yang notabene paling dekat dengan kepulauan Indonesia sekarang ini populasi terbesar dari golonga  China migran. Dahulu masih 70% melayu tetapi sekarang secara regular mereka mendatangkan migran dari China daratan.  

4. Uraikan yang kalian ketahui tentang tempat wisata Ha Lang Bay di Vietnam yang terkenal diseluruh dunia!
Jawaban : Ha Long Bay dianggap sebagai pemandangan yang paling indah di seluruh Vietnam. Terdiri dari 1.969 pulau yang terletak di Teluk Tonkin. Zona ini terkenal karena pemandangan lautnya yang spektakuler. Ha Long Bay termasuk dalam Word Natural Heritage Site oleh UNESCO. Di samping juga taman nasional Phong Nha-Ke Bang.  

5. Jelaskan letak astronomis dan geografis kawasan Asia Tenggara!
Jawaban : Berdasarkan letak astronominya, Asia Tenggara terletak diantara 28°LU-11°LS dan 92°BT-141°BT. Secara geografis, wilayah Asia Tenggara sebelah Utara adalah daratan Tiongkok, sebelah timur Samudra Pasifik dan Indonesia, sebelah selatan Indonesia dan Samudra Hindia, dan sebelah barat adalah India dan Samudra Hindia.

6. Terangkan yang kalian ketahui tentang pengaruh perubahan ruang dan interaksi antarruang terhadap keberlangsungan kehidupan sosial di negara-negara ASEAN!
Jawaban : Kondisi dan status sosial masyarakat Asia Tenggara yang berbeda dan hidup berdampingan terkadang memunculkan pertentangan karena perbedaan kepentingan. Misalnya pada tahun 2015 dimana ribuan pengungi warga Myanmar yang di kenal sebagai manusia perahu yang membanjiri Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Migrasi tersebut sangat berpengaruh terhadap dinamika jumlah kependudukan suatu negara baik negara tujuan pengungsian maupun bagi yang mengungsi.

7. Jabarkan yang kalian ketahui tentang Perkemahan Budaya Serumpun ASEAN!
Jawaban : Perkemahan budaya Serumpun beberapa kali berlangsung di Indonesai, diantaranya di kota Sambas pada tahun 2010, di kota Makasar pada tahun 2012, dan di kabupaten Siak pada tahun 2017. Kegitan tersebut turut mendukung kelestarian dan peningkatan silaturahmi Indonesia-Malaysia –Brunei Darussalam sebagai negara pemrakarsa. Perkemahan tersebut di arahkan pada pembinaa mental dan spiritual, wawasan kebangsaan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi, persaudaraan dan persahabatan, peningkatan keterampilan, dan olah raga, serta kepedulian terhadap masyarakat selain itu, juga bertujuan dalam menanamkan dan meningkatkan peningkatan pemahaman penghayatan nilai-nilai budaya luhur kepada generasi muda Indonesia-Malaysia-Brunei Darussalam, memperkuat komitmen terhadap suksesnya pendidikan, mendukung program kepariwisataan, Khususnya dengan memperkenalkan budaya daerah sebagai daerah tujuan wisata terpilih dan spesifik. 

8. Uraikan yang kalian ketahui tentang pilar politik-keamanan ASEAN!
Jawaban : Masyarakat ASEAN dapat lebih mengenali karagaman negara anggota, saling menghargai identitas nasional masing-masing, serta mewarisi kawasan Asia Tenggara yang aman, damai dan makmur kepada generasi penerus. Oleh sebab itu, ASEAN terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui peningkatan kemampuan pemerintah dan pelibatan masyarakat madani (civit society) dalam pengambilan keputusan. Indonesia secara historis adalah pendiri ASEAN yang secara tidak langsung memiliki pengaruh kuat. Selain itu, militer ndonesia masih diyakini yang terkuat di kawasan ASEAN.


9. Uraikan mengenai penyebab Indonesia beriklim tropis!
Jawaban : Indonesia memiliki iklim tropis karena dihimpit oleh dua benua yaitu, Australia dan juga Asia dan juga Australi. Selain itu, indonesia juga dihimpit oleh dua samudra besar yaitu Pasifik dan juga Hindia. Hal ini menyebabkan indonesia mengalami dua musim saja yaitu panas dan juga hujan yang mana angina laut dan angina Benua turut serta membawa iklim. Selain itu indonesia juga dilewati garis khatulistiwa yang ada di deretan Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan juga Indonesia bagian Timur. Letak astronomis indonesia adalah di 6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT.


10. Sebutkan tentang masalah pebatasan wilayah di beberapa negara ASEAN!
Jawaban : Berbagai masalah perbatasan wilayah di beberapa negara ASEAN, di antaranya sebagai berikut.
a. Kasus Pulau Natuna melalui gambar Sembilan titik yang di tarik dari kepulauan Spratly di tengah Laut Tiongkok Selatan oleh pemerintah Tiongkok . Pemerintah Indonesia pun mengerahkan lebih dari 20 ribu personil TNI untuk menjaga perairan Natuna yang di perkirakan mengandung cadangan gas terbesar di Asia.
b. Kasus Kepulauan Spratly yang menjadi silang sengketa antara Vietnam, Filipina, dan Tiongkok.
c. Kasus Sipadan dan Ligitan yang diklaim oleh Malaysia
d. Kasus Kuil Preah Vihear antara Thailand dan Kamboja
e. Kasus Pulau Pedra Branca yang kepemilikannya jatuh kepada Singapura

Lanjut ke soal latihan nomor 11-25 ==> Contoh Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)~Bagian2

Post a Comment for "Contoh Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)"