Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)

Contoh Soal IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay) - Halo selamat datang kembali di blog soal-soal sekolah, pada kesempatan ini, admin akan membagikan materi soal ilmu pengetahuan sosial kurikulum 2013 untuk siswa SMP/MTS kelas ix semester ganjil, yang berisikan "Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya" (Bab 1). Materi yang sama tetapi dalam bentuk pilihan ganda, telah admin publish sebelumnya, yang bisa anda baca mulai dari sini.
Baca juga: 50+ contoh soal IPS kelas 7 dan juga Contoh Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)

Berikut di bawah ini, soal essai/uraian ips kelas 9 semester 1 kurtilas edisi revisi dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.

1. Bagaimana kondisi wilayah negara Jepang?
Jawaban : Jepang dikenal dengan lebel Negara Matahari Terbit jepang sendiri adalah Negara yang tidak begitu luas dibandingkan dengan Indonesia. Namun Jepang sudah mampu mengalahkan negara-negara Asia lainnya. Luas negara Jepang sendiri adalah + 378.000km2 (ada pula yang menyebutkan hanya 370.000km2). itu berarti hanya 1/25(seper dua puluh lima)dari negara Amerika. Bahkan cenderung lebih kecil dari Kalifornia

2. Uraikan mengenai letak geografis Benua Asia!
Jawaban : Letak geografis Benua Asia sangat strategis karena berada di antara dua benua dan dua samudra, sebelah utara berbatasan langsung dangan Benua Eropa dan Samudra Pasifik sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Benua Australia dan Samudra Hindia.

3. Sebut dan jelaskan mengenai iklim di Benua Afrika!
Jawaban : Iklim Benua Afrika, yaitu sebagai berikut.
a. Iklim tropis terjadi di Afrika Tengah dan sekitar khatulistiwa
b. Iklim subtropics terjadi di daerah sekitar Laut Tengah
c. Iklim darat gurun terjadi di Afrika Utara bagian tengah. Di daerah ini jarang turun hujan karena daerahnya berada di daerah bayangan hujan.

4. Sebutkan pembagian wilayah Benua Amerika!
Jawaban : Benua Amerika terbagi atas beberapa wilayah, yang terdiri atas Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

5. Uraikan mengenai sejarah penemuan dan kedatangan koloni Inggris di Benua Australia!
Jawaban : Australia merupakan benua yang paling kecil sejarah di temukannya benua ini adalah pada tahun 1606 seorang Belanda yang bernama Willem Jansz menemukan teluk yang paling utara yang disebut Teluk Carpentaria. Dilanjutkan tahun 1644 orang Belanda yang bernama Abel Tasman, menemukan Tasmania dan Selandia Baru. Pada tahun 1770 orang Inggris yang bernama James Cook mendarat di pantai timur yang tanahnya lebih baik mengetahui bahwa Selandia Baru merupakan dua buah pulau. Kemudia daerah itu menjadi jajahan Kerajaan Inggris. Kemudian pada tahun 1786 Benua Australia digunakan oleh kerajaan Inggris sebagai tempat pembuangan penjahat-penjahat dari Inggris. Setelah abad ke-19 dengan ditemukannya tambang emas disana, pengiriman penjahat dihentikan dan mulailah orang Inggris berdatangan ke Australia.

6. Sebutkan batas-batas wilayah negara Amerika Serikat!
Jawaban : Amerika Serikat terletak di tengah-tengah benua Amerika Utara, dibatasi oleh Kanada di sebelah utara dan Meksiko disebelah selatan . Negara Amerika Serikat Terbentang dari Samudar Atlantik di pesisir timur hingga Samudra pasifik di pesisir timur hingga Samudra Pasifik di pesisir barat, termasuk kepulauan Hawaii di lautan Pasifik , negara bagian Alaska di ujung utara benua Amerika, dan beberapa teritori lainnya.
 
7. Sebutkan batas-batas wilayah negara Inggris
Jawaban : Inggris adalah sebuah negara yang merupakan bagian dari Britania Raya. Negara ini berbatasan dengan Skotlandia di sebelah utara dan Wales di sebelah barat, Laut Irlandia di barat laut, Laut Keltik di barat daya, serta Laut Utara di sebelah timur dan selat Inggris, yang memisahkan dari benua Eropa, di sebelah selatan. Sebagian besar wilayah Inggris terdiri dari bagian tengah dan selatan Pulau Britania Raya di Atlantik Utara. Inggris juga mencakup lebih dari 100 pulau-pulaukecil seperti Isles of Scilly dan Isle of Wight.

8. Sebutkan berbagai jenis flora dan fauna Negara Australia!
Jawaban : Vegetasi yang paling banyak di Australia adalah rumput hummock, hutan eukaliptus, hutan akasia dan semak belukar. Sedangkan faunanya Australia memeiliki 378 spesis mamalia, 828 spesies burung, 300 spesies kadal, 140 spesies ular, dan dua spesies buaya.

9. Jelaskan kondisi alam negara Mesir!
Jawaban : Kondisi alam negara Mesir secara astronomis Mesir terletak pada 22°LU - 32°LU dan 25°BT - 36°BT sedangkan secara geografis sebelah utara Mesir berbatasan dengan Laut Mediteranian, sebelah selatan berbatasan dengan sudan. Adapun sebelah barat berbatasan dengan Libya, dan sbelah timur berbatasan dengan Laut Merah. Adanya terusan Suez menjadikan posisi Mesir menjadi sangat penting. Terusan Suez menghubungkan Laut Merah dan Laut Mediteranian. Wilayah mesir sebagian besar berupa gumuk pasir(sand dunes) antara gurun bagian barat dan gurun Lybia. Mesir memiliki sumber daya alam minyak dan gas, biji besi, posfat, mangan, lempung, gipsum, talk, asbes, timah, emas, dan zinc.

10. Jelaskan yang dimaksud Eurasia!
Jawaban : Benua Asia dan Eropa merupakan benua yang terhubung lewat darat dan keduanya membentuk suatu benua raksasa yang disebut sebagai Eurasia

Lanjut ke soal latihan nomor 11-20 ==> Contoh Soal IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)~Bagian2

Post a Comment for "Contoh Soal IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)"