Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)~Bagian2

Contoh Soal IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)~Bagian2 - Halo selamat datang kembali di blog soal-soal sekolah, melanjutkan postingan soal essai IPS kelas ix semester ganjil k13 bagian ke-1 (essay nomor 1-10), bagian kedua berisikan materi yang sama, yaitu soal tentang interaksi antarnegara Asia dan negara lainnya. 
Baca juga: soal pilihan ganda IPS tentang interaksi antarnegara Asia dan negara lainnya

Dimulai dari pertanyaan nomor 11, berikut di bawah ini soal essai/uraian IPS beserta jawaban kelas 9 semester ganjil kurtilas edisi revisi.

11. Apa saja hal yang membuat Benua Asia sangat potensial dalam bidang pertanian, perkebunan, dan kehutanan?
Jawaban : Sumber daya alam di wilayah Asia Tenggara sangat potensial terutama untuk bidang pertania, perkebunan, dan kehutanan. Potensi besar yang terutama di pengaruhi oleh beberapa hal berikut.
a. Banyak lembah sungai yang subur
b. Banyak gunung api yang memberi dampak kesuburan tanah
c. Iklim tropis dengan dua musim bergantian dan sinar matahari sepanjang tahun

12. Uraikan mengenai hasil pertambangan yang menonjol di Benua Asia!
Jawaban : Hasil-hasil pertambangan yang menonjol di Benua Asia adalah minyak bumi. Sumber minyak bumi antara lain terdapat di Timur Tengah, Asia Tengara, dan Asia Timur . Timah putih terdapat di negara Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Nikel terdapat di negara Indonesia. Batu Bara terdapat di Siberia, Jepang, dan Indonesia. Biji besi terdapat di China, Jepang, Korea, dan India.

13. Jelaskan Mengenai kekayaan tambang di Benua Australia!
Jawaban : Sebagian besar daerah Benua Afrika mempunyai kekayaan tambang alam yang besar. Barang-barang tambangnya antara lain tembaga, emas, uranium, dan timah terdapat di Negara Zaire. Mangan, Krom, Minyak bumi, tembaga, gas alam, dan emas terdapat di negara sudan, Emas, tembaga, mangan, dan platinum terdapat di Negara Ethiopia. Minyak Bumi, batu bara, timah biji, besi, batu pualam, dan batu kapur terdapat di negara Nigeria.

14. Sebutkan hasil-hasil peternakan di Benua Austalia!
Jawaban : Hasil-hasil peternakan di Benua Australia antara lain wol, susu, dan daging selain peternak terdapat pertanian dengan hasil biji-bijian, buah-buahan, dan gula.

15. Bagaimana hasil penelitian PBB mengenai ledakan populasi penduduk di Benua Asia sampai tahun 2050?
Jawaban : Berdasarkan laporan dari PBB, hingga tahun 2050 Asia akan memimpin dalam laju pertumbuhan penduduk. Populasi penduduk Kota diAsia dari 1,9 miliar menjadi 3,3 miliar orang.

16. Jelaskan keuntungan dari Benua Australia dengan keadaan alamnya yang banyak berupa padang savana!
Jawaban : Australia juga di dukung oleh sumber daya alam yang potensial. Padang savanna yang luas dimanfaatkan untuk pengembangan peternakan. Selain peternakan pertanian juga turut dikembangkan melihat ponsi Australia sebagai kategori giant size berdasarkan luas wilayah. Hal ini cukup membantu pada pasar eksport Australia.

17. Apa saja potensi alam di Benua Eropa yang menonjol?
Jawaban : Potensi alam di Benua Eropa yang sangat menonjol yaitu dalam bidang pertanian, pertambangan, dan perikanan.

18. Uraikan mengenai keunggulan geostrategis Indonesia!
Jawaban : Keunggulan geostartegis Indonesia berkaitan dengan letaknya yang berada di  antara dua benua, yakni Benua Asia dan Australia, serta terletak di antara dua samudra, yakni samudra Hindia dan Samudra Pasifik potensi tersebut akan menyebabkan perdagangan bangsa-bangsa Asia dan Australia, selalu melewati wilayah Indonesia. Hal ini akan menyebabkan terjadinya pengembangan perdagangan di Indonesia. Hal ini juga menyebabkan terjadinya kegiatan ekonomi di Indonesia terkait dengan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

19. Apa kaitan perdagangan antarnegara dalam berbagai benua dengan persahabatan antarnegara?
Jawaban : Perdagangan antarnegara membuat tiap negara mempunyai rasa saling membutuhkan dan rasa perlunya persahabatan. Oleh karena itu, perdagangan internasional dapat mempererat persahabatan negara-negara yang bersangkutan.


20. Sebutkan negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan penghasil padi!
Jawaban : Myanmar, Vietnam, Thailand, dan Indonesia

Lanjut ke soal latihan nomor 21-35 ==> Contoh Soal IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)~Bagian3

Post a Comment for "Contoh Soal IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)~Bagian2"