Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

40 Contoh Soal Essay PKN Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP/MTS Lengkap~Bagian5

40 Contoh Soal Essay PKN Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP/MTS Lengkap~Bagian5 - Soal essay/uraian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas ix semester ganjil K13 postingan ke-5 ini, berisikan materi yang sama dengan 30 contoh soal PG PKN sebelumnya, "Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia" (Bab 3), dengan pokok bahasan soal essay mengenai hakikat dan teori tentang kedaulatan, bentuk kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta soal essay mengenai prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Selain itu, materi essay Bab 3, merupakan soal latihan setelah siswa menyelesaikan 50 contoh UTS/PTS PKN kelas 9.

Note: bagi siswa/i sekolah menengah pertama yang belum membaca dari essay bagian ke-1 (Bab 1 sampai dengan Bab 2) silahkan baca mulai dari: 35+ contoh soal essay PKn kelas 9 semester ganjil K13 edisi revisi.

Berikut di bawah ini, contoh soal essay PKn Kelas 9 semester ganjil kurtilas edisi revisi dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.

1. Sebutkan macam-macam teori kedaulatan!
Jawaban: Macam-macam teori kedaulatam:
a. Teori Kedaulatan Tuhan
b. Teori Kedaulatan Negara
c. Teori Kedaulatan Raja
d. Teori Kedaulatan Hukum
e. Teori Kedaulatan Rakyat

2. Apakah yang dimaksud kedaulatan Tuhan?
Jawaban: Menurut teori ini, kedaulatan berasal dari Tuhan yang diberikan kepada raja atau penguasa. Oleh karena kehendak Tuhan menjelma ke dalam diri raja atau penguasa, maka seorang raja dianggap sebagai utusan Tuhan atau wakil Tuhan (titisan dewa). Segala peraturan yang dijalankan oleh penguasa bersumber dari Tuhan, oleh sebab itu rakyat harus patuh dan tunduk kepada penguasa. Penganut paham ini adalah Agustinus, Thomas Aquinas, Marsillius, dan F. J. Stahl. Teori kedaulatan Tuhan pernah diterapkan di Ethiopia pada masa Raja Haile Selassi, Belanda, dan Jepang pada masa Kaisar Tenno Heika.

3. Jabarkan mengenai kedaulatan rakyat!
Jawaban: Teori kedaulatan rakyat menyatakan bahwa kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Rakyat memberikan kekuasaannya kepada penguasa untuk menjalankan pemerintahan melalui sebuah perjanjian yang disebut kontrak sosial. Penguasa negara dipilih dan ditentukan atas kehendak rakyat melalui perwakilan yang duduk dalam pemerintahan

4. Jelaskan pengertian kedaulatan secara estimologis!
Jawaban: Kedaulatan berasal dari kata daulat yang artinya kekuasaan atau pemerintahan. Berdaulat berarti mempunyai kekuasaan penuh (kekuasaan tertinggi) untuk mengatur suatu pemerintahan. Dengan demikian negara yang berdaulat adalah suatu negara yang telah mendapatkan kekuasaan penuh untuk mengatur pemerintahannya. Tidak ada kekuasaan lain yang dapat mendikte dan mengontrol negara tersebut.

5. Uraikan pengertian kedaulatan menurut C. F. Strong!
Jawaban: C. F. Strong dalam bukunya Modern Political Constitution menyatakan sovereignity adalah kekuasaan untuk membentuk hukum serta kekuasaan untuk memaksakan pelaksanaannya.

6. Jelaskan pengertian negara kesatuan!
Jawaban: Definisi dari negara kesatuan adalah negara yang bersusun tunggal, yang dimaksud dalam negara tersebut hanya terdapat satu negara, sehingga tidak ada negara didalam negara. Di dalam negara kesatuan itu hanya ada satu pemerintahan, yaitu pemerintahan pusat yang memiliki kekuatan dan wewenang tertinggi dalam urusan pemerintah. Pemerintah pusat memiliki wewenang dan kekuatan tertinggi dalam pemerintah sehingga dapat memutuskan segala sesuatu di negara tersebut.

7. Apakah yang dimaksud negara kesatuan dengan sistem sentralisasi?
Jawaban: Negara kesatuan dengan sistem sentralisasi adalah salah satu negara kesatuan yang mana pemerintah pusat dalam negara tersebut memegang seluruh pemerintahan (semua bidang), sedangkan daerahnya hanya melaksanakan program yang telah dibuat oleh pemerintah pusat

8. Jelaskan mengenai kedaulatan UUD 1945 sebelum perubahan!
Jawaban: Indonesia adalah salah satu negara yang menganut teori kedaulatan rakyat. Hal itu terlihat dalam Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi “…susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat…”, selanjutnya dijelaskan pula dalam Pasal 1 Ayat (2) UUD 1945 hasil Dekrit 5 Juli 1959 atau sebelum perubahan yang berbunyi “ Kedaulatan adalah di tangan rakyat dan dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat”. Menurut pasal tersebut maka MPR merupakan penjelmaan rakyat Indonesia sebagai satu-satunya lembaga yang memegang kedaulatan rakyat sepenuhnya

9. Sebutkan ciri-ciri negara serikat!
Jawaban: Ciri-ciri negara serikat adalah sebagai berikut.
a. Kepala negara yang telah dipilih rakyat yang bertanggung jawab terhadap rakyatnya
b. Kepala negara memiliki hak veto yang dapat diajukan oleh parlemen
c. Tiap negara bagian memiliki wewenang untuk menyusun undang-undang dasar sendiri
d. Pemerintah pusat mempunyai kedaulatan terhadap negara bagian dalam urusan dalam maupun luar

10. Uraikan sistem pemerintahan pada periode 1945-1950!
Jawaban: Salah satu faktor yang memicu perubahan sistem pemerintahan dari presidensil menjadi parlementer adalah pernyataan Van Mook untuk tidak berunding dengan Soekarno. Gelagat ini sudah terbaca oelh pihak Republik Indonesia, karena itu sehari sebelum kedatangan Sekutu, tanggal 14 November 1945, Soekarno sebagai kepala pemerintahan republic diganti oleh Sutan Sjahrir yang seorang sosialis dianggap sebagai figure yang tepat untuk dijadikan ujung tombak diplomatic, bertepatan dengan naik daunnya partai sosialis di Belanda. Setelah munculnya Maklumat Wakil Presiden No. X tanggal 16 November 1945, terjadi pembagian kekuasaan dalam dua bagan, yaitu kekuasaan legislative dijalankan oleh Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dan kekuasaan-kekuasaan lainya masih tetap dipegang oleh presiden sampai tanggal 14 November 1945, kekuasaan eksekutif yang semula dijalankan oleh presiden beralih ke tangan menteri sebagai konsekuensi dari bentuknya sistem pemerintahan parlementer.

11. Sebutkan prinsip-prinsip kedaulatan NKRI sesuai dengan UUD 1945!
Jawaban: Prinsip-prinsip Kedaulatan Negara Republik Indonesia sebagaimana diatur dalam UUD NKRI Tahun 1945, yaitu:
a. Negara Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk Republik (Pasal 1 ayat (1))
b. Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar (Pasal 1 ayat 2)
c. Negara Indonesia adalah negara hukum (Pasal 1 ayat 3)
d. Majelis Permusyawaratan Rakyat yang berwenang mengubah dan menetapkan UUD. MPR melantik presiden dan/atau wakil presiden. MPR hanya dapat memberhentikan presiden dan/atau wakil presiden dalam masa jabatannya menurut UUD (Pasal 3)
e. Presiden tidak dapat membekukan dan/atau membubarkan Dewan Perwakilan Rakyat (Pasal 7C)
f. Presiden dibantu oelh menteri-menteri negara. Menteri-menteri itu diangkat dan diberhentikan oleh presiden. Setiap menteri membidangi urusan tertentu dalam pemerintah. Pembentukan, pengubahan, dan pembubaran kementrian agama diatur dalam Undang-Undang Dasar (Pasal 17)

12. Apakah yang dimaksud kedaulatan ke dalam?
Jawaban: Kedaulatan ke dalam yaitu negara berhak mengatur segala kepentingan rakyat melalui berbagai lembaga negara dan perangkat lainnya tanpa campur tangan negara lain. Dalam Pembentukan UUD NRI Tahun 1945, kedaulatan tersebut tampak pada tujuan negara untuk: melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia; memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa

13. Kekuasan tertinggi dalam suatu negara disebut….
Jawaban: kedaulatan

14. Menurut Thomas Hobbes, perjanjian yang dilakukan dalam masyarakat akan melahirkan…
Jawaban: merasakan penyesalan

15. Jelaskan isi Pasal 1 Ayat 2 UUD 1945!
Jawaban: Pasal 1 Ayat (2) menyebutkan bahwa kedaulatan adalah ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar

16. Jelaskan isi Pasal 2 Ayat 1 UUD 1945!
Jawaban: Pasal 2 ayat (1) UUD 1945 terdiri atas anggota-anggota Dewan Perwakilan Rakyat, ditambah utusan-utusan daerah-daerah dan golongan menurut aturan yang ditetapkan oleh undang-undang

17. Kekuasaan tertinggi di dalam negara terletak pada rakyat, teori ini termasuk teori kedaulatan…
Jawaban: rakyat

18. Uraikan mengenai kedaulatan rakyat yang diberlakukan di Indonesia!
Jawaban: Kedaulatan rakyat yang diberlakukan di Indonesia adalah kedaulatan rakyat yang berdasarkan Pnacasila, yakni konsepsi kedaulatan yang sesuai dengan budaya dan peradaban bangsa Indonesia. Sedangkan kedaulatan rakyat dalam rumusan konseptual barat, merupakan kedaulatan rakyat yang bersumber dari paham individualism dan kolektivisme yang berlaku pada bangsa Eropa.

19. Kedaulatan berasal dari hukum yang berlaku di suatu negara disebut….
Jawaban: kedaulatan hukum

20. Dilihat dari sifatnya, kedaulatan meliputi….
Jawaban: kedaulatan ke dalam dan ke luar

Lanjut ke soal nomor 21-40 ==> 40 Contoh Soal Essay PKN Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP/MTS Lengkap~Bagian6

Post a Comment for "40 Contoh Soal Essay PKN Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP/MTS Lengkap~Bagian5"