Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)~Bagian2

Contoh Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)~Bagian2 - Halo selamat datang kembali di blog soal-soal sekolah, melanjutkan postingan soal ilmu pengetahuan sosial SMP/MTS kelas viii semester ganjil K13 essay bagian ke-1 (latihan nomor 1-10), bagian kedua berisikan materi yang sama, yaitu soal tentang Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-negara Asean.
Baca juga: soal PG IPS tentang interaksi keruangan dalam kehidupan di negara-negara Asean

Dimulai dari pertanyaan nomor 11, berikut di bawah ini soal essai/uraian IPS kurtilas edisi revisi kelas 8 semester ganjil.

11. Negara yang memilki wilayah paling kecil di Asia Tenggara adalah….
Jawaban : Singapura

12. Jelaskan hubungan antar perkembangan sarana transportasi dengan sarana dan prasarana penunjangnya!
Jawaban : Perkembangan sarana transportasi tentu saja membutuhkan ruang sebagi sarana atau pun prasarananya. Makin banyak alat transportasi di darat, laut, ataupun udara akan berbanding lurus dengan sarana dan prasarana penunjangnya seperti perluasan jalan, terminal, bandara dan dermaga pelabuhan juga makin mendesak pembangunannya. Dengan adanya pembangunan prasarana transportasi tersebut secara tidak langsung dapat mengubah kondisi wilayah di suatu negar. Rekayasa jaringan lalu-lintas transportasi darat di beberapa negara ASEAN sudah sangat canggih. Misalnya pengembangan jaringan transportasi darat bawah tanah yang dilakukan Singapura dan Thailand.

13. Terangkan tentang pengaruh konversi lahan pertanian menjadi lahan industry!
Jawaban : Berubahnya lahan pertanian menjadi lahan industry acap kali terjadi di negara-negara berkembang. Oleh sebab itu, penggunaan lahan dalam pembangunan industry memerlukan perhatian negara-negara industry, karena tidak semua industry yang akan atau sudah di bangun berada di lahan yang tepat dan tidak menempati lahan produktif seperti lahan pertanian. Pada umumnya para pemilik perusahaan mendirikan industry karena beberapa faktor sebagai berikut.
a. Faktor sosial dan budaya hukum waris.
b. Harga lahan pertanian relative lebih murah
c. Industri di bangun dekat dengan bahan baku, sehingga lahan pertanian menjadi pilihan yang baik
d. Pembangunan industri lebih memilih lahan yang strategi.
e. Pembangunan industri memiliki akse yang lebih mudah.   

14. Guna mengetahui petumbuhan penduduk dapat di lakukan dengan cara….
Jawaban : Sensus penduduk

15. Besi, tembaga, dan nikel merupakan hasil tambang dari sumber daya….
Jawaban : Tidak dapat diperbaharui

16. Kegiatan ekonomi masyarakat pedesaan adalah….
Jawaban : Petani

17. Tempat penghasil batu bara di Indonesia adalah….
Jawaban : Martapura


18. Uraikan yang kalian ketahui definisi interaksi!
Jawaban: Interaksi diterjemahkan sebagai suatu peristiwa saling mempengaruhi daya, objek, atau tempat satu dengan yang lain. Setiap tempat mengembangkan potensi sumber dan kebutuhan yang tidak selalu sama dengan yang ada di tempat lain. Keterkaitan keruangan atau asosiasi keruangan menunjukkan derajat keterkaitan persebaran suatu fenomena dengan fenomena yang lain di satu tempat atau ruangan. Keterkaitan tersebut menyangkut fenomena alam, tumbuhan, atau kehidupan sosial. Oleh karena itu, selalu terjadi intraksi bahkan interdependensi antara tempat yang satu dengan tempat atau wilayah yang lain. Konsep interaksi dan interdependensi, yaitu ketergantungan tempat dengan tempat yang lain. Hal tersebut juga berlaku di di indonesia dan negara-negara di ASEAN yang erat kaitannya dengan perubahan keruang dan interaksi antarruang yang disebut kondisi alam dan kegiatan manusia.

19. Sebutkan dampak negatif pengaruh konversi lahan pertanian menjadi lahan pemukiman!
Jawaban : Dampak negatif pengaruh konverensi lahan pertanian menjadi lahan pemukiman adalah sebagai beriku. Petani dan buruh tani kehilangan mata pencaharian luas lahan pertanian makin berkurang sehingga produktivitas pangan makin kecil. Hilangnya lahan ruang terbuka hijau (RTH) dan berkurangnya lahan resapan air.

20. Komunitas keamanan ASEAN di Bali di tandatangani pada tanggal….
Jawaban : 7 Oktober 2003

21. Negara terakhir yang bergabung dengan ASEAN, yaitu….
Jawaban : Timor Leste

22. Hanoi merupakan ibu kota dari Negara….
Jawaban : Vietnam

23. Berdasrkan letak astronomisnya, Negara Laos terletak diantara….
Jawaban : 14°LU - 22° LU dan antar 100°BT - 103°BT

24. Ikan pesut Mahakam merupakan fauna asli Indonesia yang berada di wilayah….
Jawaban : Kalimantan


25. Jabarkan tentang betuk perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di Negara-negara ASEAN!
Jawaban : Perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di Negara-negara ASEAN sebagai dampak perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi dapat dilihat dalam berbagai aspek sebagai berikut.


Lanjut ke soal latihan nomor 26-40 ==> Contoh Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)~Bagian3

Post a Comment for "Contoh Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)~Bagian2"