Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)~Bagian3

Contoh Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)~Bagian3 - Halo selamat datang kembali di blog soal-soal sekolah, postingan soal essai/uraian ilmu pengetahuan sosial kelas viii semester ganjil K13 SMP/MTS bagian ke-3 yang sedang anda baca ini , merupakan lanjutan soal essay IPS bagian ke-1 dan bagian ke-2 (latihan nomor 11-25) dengan materi yang sama yaitu mengenai Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-negara Asean.

Dimulai dari pertanyaan nomor 26, berikut di bawah ini soal IPS kelas 8 semester ganjil kurtilas edisi revisi dalam bentuk essai dilengkapi dengan kunci jawaban.

26. Bagaimana pendapat kalian mengenai aneka ragam suku bangsa serta jumlah penduduk yang besar di negara kita? Apa keuntungan dan kerugian dari kondisi tersebut?
Jawaban : Keuntungan memiliki beragam suku yaitu indonesia kaya akan beragam budaya dan seni, bangsa yang kuat jika semua suku bersatu, mudah menarik wisatawan karena beragam wisata budaya yang dapat ditawarkan. Kerugiannya : Karena letaknya terpisah-pisah akan sulit melakukan pemerataan pembangunaan karena tingkat kemajuan budaya juga tidak sama, mudah diadu domba

27. Mengapa kawasan Asia Tenggara sering dilanda gempa bumi dan gunung meletus? Jelaskan pendapat kalian dan berikan contoh negara yang pernah di landa peristiwa tersebut!
Jawaban : Kawasan Asia tenggara merupakan pertemuan jalur pegunungan muda Sirkum pasifik dan Sirkum Mediterania. Misalnya Gunung Merapi yang meletus di Yogyakarta, gempa bumi di Jepang.

28. Jelaskan letak geografis kawasan Asia Tenggara!
Jawaban : Berdasarkan letak geografis. Asia Tenggara berada di antara Benua Australia dan daratan utama Benua Asia, serta terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Batas-batas kawasan Asia Tenggara di antaranya sebagai berikut. Utara: Negara Tiongkok , selatan: Negara Timor Leste, Benua Australia, dan Samudra Hindia, Barat Negara India, Banglades dan Samudra Hindia, Timur: Negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik. Kawasan Asia Tenggara sangat strategis karena letaknya berada di antara dua samudra. Kawasan tersebut menghubungkan negara-negara barat dan timur, sehingga kawasan tersebut sangat menguntungkan bagi peningkatan kegiatan perdagangan dan pariwisata di kawasan Asia Tenggara.

29. Terangkan tentang persbaran fauna di Timur Leste!
Jawaban : Di Timor Leste, terdapat beberapa jenis mamalia seperti Rusa(cervus timorensis), kuskus, babi hutan, kera, Reptilia seperti: buaya, ular sanca timor, biawak, dsb: Aves seperti: Kakoak, Lori, Kakatua, Elang darat, Elang laut, Perkutut dan sebagainya.

30. Jelaskan kegiatan ekonomi penduduk Thailand!
Jawaban : Mata pencaharian penduduk Thailand yang utama di bidang pertanian. Hasil pertanian yang utama yaitu padi dan jagung. Thailand merupakan penghasil karet alam, kayu jati, kayu leak, dan kapuk. Hasil pertambangannya berupa Timah putih, emas, wolfram, mangan, dan timah hitam. Mata uang Thailand adalah bath.

31. Mengapa wilayah Indonesia cocok untuk kegiatan pertanian?
Jawaban : Karena wilayah indonesia mengalami tiga musim iklim yang berdampak pada tingginya curah hujan di indonesia.

32. Mengapa Singapura di juluki sebagai pusat keuangan terdapat di keempat di dunia?
Jawaban : Singapura adalah pusat keuangan terdepan keempat di dunia karena Singapura sebagai tempat tukar menukar valuta asing dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional.  

33. Berikanlah gambaran tentang keadaan iklim di Negara Filipina!
Jawaban : Filipina memiliki iklim tropis, dengan suhu antara 24° - 30°C. derah yang memiliki suhu berbeda adalah Bagulo(1.525m) di sebelah barat pulau Luzon, yaitu rata-rata hanya 18°C pertahun. Wilayah Manila di tepi pantai bersuhu rata-rata 26°C. April dan mei merupakan bulanterpanas, sedangkan bulan November – februari adalah saat-saat sejuk. Curah hujan di Filipina cukup tinggi, yaitu antara 1,275 – 5,000 mm pertahun. Wilayah Filipina (seperti Tiongkok dan Vietnam) secara rurtin mendapat pengaruh badai ganas disertai hujan deras dari samudra pasifik. Di perkirakan rata-rata ada 20 badai pertahun yang terjadi. Bencana rutin itu menimbulkan banjir, longsor, dan berbagai kerusakan serta menelan korban jiwa.

34. Uraikan tentang karakteristik tanah regosol!
Jawaban : Tanah hasil pelapukan bantuan beku dan sedimen yang tidak berstruktur. Tanah regosol kurang baik untuk pertanian karena sedikit mengandung bahan organic.

35. Apa sajakah jenis persebaran tanah di kawasan Asia Tenggara?
Jawaban : Beberapa, Contoh jenis tanah yang terdapat di wilayah Asia Tenggara antara lain tanah vulkanis, andosol, tanah aluvia, regosol, dan lateril.

36. Siapakah suku bangsa Sunda itu?
Jawaban : Suku bangsa sunda merupakan sekumpulan orang yang berasal dari daerah jawa Barat yang sering disebut dengan parahiangan atau tanah pasundan. Daerah tanah pasundan secara kultur berbatasan dengan sungai Cilosa dan sungai Cidaduy pada wilayah timur yang merupakan perbatasan Bahasa.

37. Uraikan lima negara yang berada di kawasan Asia Tenggara beserta ibu kotanya!
Jawaban : Brunei Darussalam dengan ibu kota Bandar seri Begawan; Indonesia dengan ibu kota Jakarta; Filipina dengan ibu kota Manila; Kamboja dengan ibu kota Phnom Penh;  Thailand dengan ibu kota Bngkok.

38. Bagaimanakah bentang alam Negara Timor Leste?
Jawaban : Letak Timor Leste berada disebelah timur wilayah bagian Pulau Timur, sehingga Timor Leste berada di tengah-tengah bagian selatan wilayah Indonesia. Wilayah negara ini sebagian besar berupa pegunungan. Puncak pegunungan tertinggi adalah Gunung Tata Mailau (2.950m). Tanah di Timur Leste umumnya kurang subur dan sifatnya kering.

39. Jelaskan kondisi iklim di Negara Malaysia!
Jawaban : Malaysia di pengaruhi iklim laut khatulistiwa yang ditandai dengan sering terjdinya hujan lebat, suhu rata-rata tinggi, dan pembalikan arah angina sesuai dengan usim, suhu rata-rata di Malaysia berkisar 27C dengan perubahan kurang dari 2C. Musim hujan di Malaysia berlangsung sekitar Oktober-Maret, ketika angin monsun timur laut yang mengandung uap air melintasi negara ini. Namun, ketika angin monsun barat daya (April – September) berembus, curah hujan menjadi berkurang karena terhalang oleh Pulau Sumatra dan Pulau Jawa.

40. Bagimanakah karakteristik tanah mineral?
Jawaban : Sumber daya tanah memiliki prosentese unsur hara lebih banyak jika dibandingkan dengan bahan organiknya.

Lanjut ke soal penilaian tengah semester ganjil ==> 50 Contoh Soal UTS/PTS IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya SMP/MTS

Post a Comment for "Contoh Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)~Bagian3"