Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Essay Prakarya Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian-2

Contoh Soal Essay Prakarya Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian-2 - Soal essai prakarya kelas ix semester ganjil K13 edisi revisi postingan admin kali ini, masih berisikan materi yang sama dengan soal essay prakarya bagian ke-1 (soal nomor 1-15), yaitu soal Kerajinan Bahan Keras.

Dimulai dari pertanyaan nomor 16, berikut dibawah ini soal prakarya kelas 9 semester ganjil kurtilas dilengkapi kunci jawaban.

16. Apa pengertian dari promosi?
Jawaban : Promosi adalah suatu aktivitas komunikasi dari pemilik produk atau jasa yang ditujukan kepada masyarakat dengan tujuan supaya produk atau jasa,merek dan nama perusahaan dapat dikenal masyarakat sekaligus mempengaruhi masyakarat supaya mau membeli serta menggunakan produk atau jasa perusahaan

17. Mengapa banyak pengusaha yang enggan menerapkan perencanaan perusahaan?
Jawaban : Karena perencanaan perusahaan dianggap sesuatu yang bertele-tele

18. Uraikan mengenai bahan produksi pembuatan kerajinan bahan rotan!
Jawaban : Pada dasarnya kerajinan rotan dibuat dengan menggunakan rota yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu rotan kupasan/ kulit luar (pell) sebagai pengikat atau bahan anyaman, rotan batang yang langsung dipoles, dan rotam isi yang biasa disebut dengan fitrit/petrik.Selain rotan bahan lainnya adalah minyak tanah atau belerang untuk pemasakan.Cat warna dan plitur.

19. Apakah arti pentig penguasaan teknik pemrosesan dalam kerajinan tangan dari bambu, kayu, dan rotan?
Jawaban : Penguasaan teknik pemrosesan dalam membuat kerajinan akan menentukan kualitas karya benda kerajinan yang dibuat.

20. Bagaimanakah cara berpromosi yang baik dalam wirausaha kerajinan dari bambu, kayu, dan rotan?
Jawaban : Berpromosi yang sesuai target market, produk harus di promosikan secara terintegrasi mulai dari pembagian flyer/brosur dan juga dengan memasang iklan di koran, majalah, tabloid, koran local, melalui jaringan social di internet seperti facebook dan lain-lain

21. Ukiran yang selain hiasan juga berfungsi sebagai pendukung sebuah bangunan merupakan fungsi….
Jawaban : Konstruksi

22. Bahan kerajinan yang berupa batu kayu dan besi termasuk dalam bahan-bahan yang
berkarakteristik….
Jawaban : Keras

23. Bahan kerajinan yang berupa tanah liat, bubur kertas dan lilin termasuk dalam bahan-bahan yang berkarakteristik….
Jawaban : Lunak

24. Gabus, kertas, kain perca termasuk dalam bahan-bahan yang berkarakteristik….
Jawaban : Semi keras

25. Benda kerajinan memiliki fungsi dalam pembuatannya dan fungsi tersebut adalah….
Jawaban : Sebagai benda pakai dan benda hias

26. Arti dari kata estetika sendiri adalah….
Jawaban : Keindahan

27. Benda hasil kerajinan harus memenuhi rasa batiniah seseorang dalam menikmatinya. Hal itu merupakan fungsi karya kerajinan sebagai….
Jawaban : Benda hias

28. Kerajinan yang menonjolkan segi rupa dari pada fungsinya sehingga bentuknya mengalami pengembangan disebut fungsi….
Jawaban : Hiasan

29. Ukiran tradisional yang selain sebagai hiasan juga berfungsi menyimbolkan hal tertentu yang berhubungan dengan spiritual merupakan fungsi….
Jawaban : Simbolis

30. Kerajinan anyam terbuat dari….
Jawaban : Bambu

31. Sebutkan ciri-ciri bambu wulung!
Jawaban : Bambu wulung adalah bambu yang warna kulitnya wulung/hitam/hijau kehitaman/ungu tua dan ada garis berwarna kuning di sepanjang batang maupun rantingnya.Diameter bambu wulung mayoritas antara 5-12 cm dengan panjang/tinggi antara 7-18 meter.

32. Apa kelebihan bambu petung dibanding jenis bamboo lainnya?
Jawaban : Bambu petung/betung atau dendrocalamus asper adalah salah satu jenis bambu yang memiliki ukuran lingkar batang yang cukup besar dan termasuk ke dalam suku rumput-rumputan.Bambu betung memiliki nama local yang berbeda di setiap wilayah di Indonesia seperti sebutan awi bitung (sunda), pring petung (Jawa), awo petung (Bugis), dan bambu swanggi (Papua).Tumbuhan bamboo petung yang masih muda ditutupi oleh lapisan berwarna coklat dan bertekstur seperti kain bludru.Tinggi bambu betung dapat mencapai 10 kaki sedangkan lingkar batangnya dapat mencapai 8 inchi.Bambu betung memiliki batang berkayu dan bernding tepal yaitu antara 11 sampai 20 mm.Bagian batang bambu betung bagian bawah terdapat node dan terdapat akar udara.Batang bambu betung terdiri dari ruas-ruas, panjang setiap ruas bambu antara 20 hingga 45 cm serta berwarna hijau pucat dan tertutup rambut coklat pendek.Daun tumbuhan ini berbentuk tombak dengan panjang sekitar 15 cm hingga 30 cm dan lebarnya antara 10 mm hingga 25mm.

33. Bagaimanakah ciri-ciri umum rotan?
Jawaban : ciri umum batang tanaman rotan berbentuk memanjang dan bulat seperti silinder atau segi tiga. Bila rotan dibelah dua akan menjadi bagian yang setangkup.Batang tanaman rotan terbagi menjadi ruas-ruas yang setiap ruas dibatasi oleh buku-buku.Pelepah dan tangkai daun tanaman rotan melekat pada buku-buku tersebut

34. Apa yang dimaksud dengan teknik sambung?
Jawaban : Teknik sambung adalah jenis teknik yang dilakukan dengan cara menyatukan/menggabungkan bahan dari dua bagian atau lebih menjadi satu dalam membentuk benda kerajinan

35. Mengapa pengemasan kerajinan bambu, kayu, dan rotan harus dilakukan secara hati-hati?
Jawaban : Karena kerajinan dari bambu, kayu, dan rotan adalah kerajinan yang membutuhkan ketelitian tinggi dalam pengerjaannya, terutama untuk memperoleh kualitas yang baik.

Lanjut ke soal latihan nomor 36-50 => Contoh Soal Essay Prakarya Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian-3

Post a Comment for "Contoh Soal Essay Prakarya Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian-2"