Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Essay Prakarya Kelas 7 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian3

Contoh Soal Essay Prakarya Kelas 7 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian3 - Halo selamat datang di blog soal-soal sekolah, melanjutkan postingan soal essai/uraian prakarya kelas vii semester ganjil K13 bagian ke-1 dan bagian ke-2 (soal nomor 11-25), bagian ke-3 masih berisikan materi yang sama, yaitu soal tentang kerajinan serat dan tekstil.

Dimulai dari pertanyaan nomor 26, berikut di bawah ini soal essay prakarya kurtilas edisi revisi dilengkapi kunci jawaban.

26. Salah satu fungsi kerajinan tekstil adalah sebagai benda pakai. Jelaskan maksudnya!
Jawaban : kerajinan yang dibuat berdasarkan tujuan untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari. Contohnya busana, tas, dan aksesoris.

27. Jelaskan karakteristik bahan serat wol!
Jawaban : serat yang lebih halus, lebih lembut dan lebih hangat cendrung memiliki lebih banyak sisik an lebih halus. Serat yang lebih tebal dan kurang hangat memiliki lebih sedikit sisik dan kasar.

28. Jelaskan proses pengolahan bahan serat!
Jawaban : carding (penyikatan), combing (penyisiran), spinning (pemintalan), dan sizing (penganjian).

29. Jelaskan yang dimaksud teknik jahit tindas!
Jawaban : jahit tindas (quilting) adalah teknik menghias permukaan kain dengan cara melapisi atau mengisi kain dengan bahan pelapis atau pengisi kemudian dijahit tindas pada permukaan kain sesuai dengan rencana.



30. Sebutkan contoh serat yang berasal dari tanaman!
Jawaban : serat dari biji, akar, kulit pohon, daun, dan buah tumbuhan

31. Ada dua macam teknik dalam tenunan tapestry. Jelaskan!
Jawaban :
Teknik dalam tenunan tapestry
a. teknik tenun simetris. Teknik tenun tapestry menggunakan teknik tenun simetris yaitu teknik dengan memasukan benang pakan sejajar dengan tenunan benang pakan lainnya dan terkait diantara benang lungsi sehingga membentuk ragam hias.
b. teknik tenun a-simetris. Penggunaan teknik a-simetris yaitu teknik menenun dengan benang pakan ditenun menyilang pada benang lungsinya. Dan dilakukan berulang-ulang sesuai dengan desain ragam hias yang di buat.

32. Berilah contoh pemanfaatan kulit domba!
Jawaban : sebagai hiasan dinding, sebagai bahan pembuatan alat music seperti gendang

33. Sebutkan prinsip-prinsippembutan kerajinan tekstil!
Jawaban:
Prinsip-prinsip pembuatan kerajinan tekstil:
a. unity (kesatuan), suatu benda yang dikatakan memiliki nilai seni estetis, harus merupakan kesatuan dan perpaduan dari unsur-unsur pembentuknya secara baik dan sempurna.
b. complexity (kerumitan), suatu benda yang memiliki nilai estetis pada dasarnya tidaklah sederhana, dalam pengertian mengandung unsur-unsur yang berpadu dengan kerumitan tertentu seperti saling bertentangan, berlawanan, dan saling menyeimbangkan
c. intensity (kesungguhan), suatu benda yang dikatakan yang memiliki nilai estetis bukanlah suatu benda yang kosong, melainkan memiliki kualitas yang menonjol dalam penampilannya. Nilai itu bisa bersifat lembut atau kasar, gembira atau duka, suram atau ceria yang ditampilkan secara sungguh-sungguh.

34. Sebutkan bahan dan alat yang diperlukan dalam membatik!
Jawaban : gawang, bandul, wajan, kompor, canting, kain mori, lilin dan dingklik

35. Sebutkan 5 saja sifat dari bahan serat buatan!
Jawaban :
1) kurang dapat menghisap air
2) peka terhadap panas
3) tahan alkali, tahan ngengat, jamur, serangga, dan lain-lain
4) dapat diawetkan dengan panas
5) sulit menghisap air karna memberi rasa lembab

Lanjut ke soal latihan nomor 36-45 ==> Contoh Soal Essay Prakarya Kelas 7 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian4

Post a Comment for "Contoh Soal Essay Prakarya Kelas 7 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian3"