Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Essay Prakarya Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS

Contoh Soal Essay Prakarya Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS  - Soal-soal essai prakayra kelas ix semester ganjil K13 edisi revisi untuk siswa SMP/MTS tulisan ini, berisikan materi yang sama dengan soal PG prakarya, yaitu "Kerajinan Bahan Keras", seperti soal tentang pemahasan dasar kerajinan bahan keras serta soal tentang kemasan dan berkarya kerajinan bahan keras.

Berikut dibawah ini, soal essay prakarya kelas 9 semester ganjil kurtilas dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.

1. Tuliskan ciri-ciri kayu sonokeling!
Jawaban : Keunikan kayu Sonokeling dari kayu lainnya adalah warna hitam keunguan dengan tekstur yang indah.Dengan harga yang jauh lebih murah dari pada kayu jati, kayu Sonokeling sangat awet dan tahan terhadap rayap.

2. Uraikan karakteristik kayu jati!
Jawaban : Kayu jati sering dianggap sebagai kayu dengan tekstur serat paling indah, kayu jati dikenal dunia internasional selain karena keindahannya, juga karena daya tahan yang sangat kuat terhadap cuaca,suhu,jamur,dan serangga. Karena keunggulannya kayu jati menjadi salah satu jenis kayu paling mahal yang di pasaran,dan hanya bias diperoleh oleh distributor yang disetujui pemerintah.

3. Sebutkan berbagai kerajinan yang umumnya berbahan dasar kayu,bambu,atau rotan!
Jawaban : Meja, kursi, sofa, keranjang, ukiran, pemukul Kasur ,rak sepatu, dan sebagainya.

4. Bagaimana sifat kayu mahoni?
Jawaban : Di Indonesia khususnya pulau Jawa, banyak ditemui kayu Mahoni. Masa tanam yang lebih singkat dan harga yang relatif lebih murah menjadikan kayu Mahoni pilihan lain dari kayu jati.Namun kurangnya daya tahan terhadap rayap harus diwaspadai.Kayu Mahoni memiliki tone warna di kisaran merah hingga merah muda.Memiliki tekstur yang halus, serta mudah dipotong dan dibentuk.

5. Bagaimana potensi sumber daya hutan di wilayah Indonesia?
Jawaban : Potensi sumber daya hutan di wilayah Indonesia sebagai sangat besar, yaitu mencapai 99,6 juta hektar atau 52,3℅ dari seluruh luas wilayah Indonesia (Kemenhut,2011.)Luas hutan yang besar tersebut saat ini masih dapat dijumpai di Kalimantan,Papua,Sulawesi,dan Sumatra.

6. Sebutkan jenis kayu yang digunakan sebagai bahan baku pengrajin tersebut!
Jawaban : Pengrajin tasbih di Desa Telaga Baru, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (kotim),Rofi (48) ternyata tidak hanya mengolah tasbih dari kayu gaharu.Jenis kayu lain yang dimanfaatkan yakni ulin.Sayang peminatnya kurang banyak dibandingkan tasbih gaharu.

7. Apa yang membuat tasbih dari kayu ulin kuang diminati?
Jawaban : “Tasbih dari kayu ulin harganya murah, hanya Rp15ribu-Rp20ribu per tasbihnya. Namun masih kurang diminati ,”ujar Rofi. Dirinya pun kurang tertarik membuatnya, apalagi harga bahan kayu ulin terbilang cukup mahal. Pengolahannya juga sangat sulit karena kayu tersebut sangat keras.

8. Sebutkan alat yang digunakan dalam pembuatan lampu hias dari bambu!
Jawaban : Gergaji, Pisau raut, Ampelas, Ember cetakan, dan cetok

9. Uraikan pelaksanaan teknik ukir tekan!
Jawaban : Teknik mengukir tekan adalah teknik membuat hiasan di atas permukaan pelat logam tipis dengan ketebalan sekitar 0,2 mm untuk pelat logam kuningan dan pelat logam tembaga sampai dengan 0,4 mm. Alat yang biasa digunakan untuk ukir tekan ini yaitu dibuat dari bahan tanduk sapi atau kerbau yang telah dibentuk sesuai kebutuhan ukir tekan. Jika tanduk sulit didapat, gunakan bambu ataupun kayu.Cara menggunkan alat ukir tekan ini ialah dengan menekan permukaan benda kerja mengikuti bentuk sesuai motif dari gambar yang telah ditentukan

10. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengemas barang kerajinan dari bambu, kayu, dan rotan!
Jawaban : hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengemas barang kerjinan dari bambu,kayu dan rotan adalah :
a. Kemasan harus dapat memastikan bahwa barang kerjinan tetap aman dari kelembapan
b. Kemasan harus memiliki nilai jual yang tinggi
c. Kemasan harus dapat benar benar melindungi barang kerjinan dari perbedaan suhu yang ekstrim

11. Sebutkan 2 jenis cara dalam mengemas kerajinan dari bambu, kayu, dan rotan!
Jawaban : Pengemasan primer dan sekunder.

12. Mengapa pembuatan kerajinan tangan dari bambu, kayu, dan rotan sebaiknya berbentuk unik?
Jawaban : Hasil produk sebaiknya yang unik agar produksi kreasi bisa menjadi trademaker dan dikenal orang atau diingat orang karena ada sesuai yang berbeda, baik dari segi kemasan, bentuk, maupun warna

13. Bagaimanakah analisis peluang dalam kerajinan dari bambu, kayu, dan rotan?
Jawaban : Analisis peluangnya yaitu merupakan peluang yang terbuka lebar menjadi wirausahawan kerajinan tangan dari kayu, bambu, dan rotan

14. Apa syarat dari benda yang bisa digunakan untuk memotong benda lain?
Jawaban : Setiap objek yang cukup tajam mampu memotong sebuah benda jika memiliki kekerasan yang lebih besar dari objek yang dipotong dan dilakukan dengan tenaga yang besar.

15. Terangkan mengenai promosi dalam kerajinan dari kayu, bambu, dan rotan!
Jawaban : Promosi dalam sentra kerajinan limbah adalah setiap aktivitas yang ditunjukan untuk memberitahukan, membujuk, atau memengaruhi konsumen untuk tetap menggunakan produk yang dihasilkan oleh pengrajin tersebut.

Lanjut ke soal nomor 16-35 => Contoh Soal Essay Prakarya Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian-2

Post a Comment for "Contoh Soal Essay Prakarya Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS "