Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

45 Contoh Soal Essay Informatika Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP/MTS Lengkap2

45 Contoh Soal Essay Informatika Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP/MTS Lengkap2 - Halo selamat datang kembali di blog kumpulan soal sekolah, postingan kedua soal essay informatika kelas viii semester ganjil ini, merupakan lanjutan 45 contoh soal essay informatika sebelumnya (latihan soal nomor 1-20) dengan materi yang sama diambil dari Bab 3, "Internet dan Jaringan Lokal".

Dimulai dari pertanyaan nomor 21, berikut di bawah ini soal essay informatika dan kunci jawabannya untuk kelas 8 semester gasal kurtilas edisi revisi.

21. Sebutkan peralatan yang dibutuhkan saat akan melakukan koneksi internet!
Jawaban : Supaya dapat melakukan koneksi ke internet, secara umum langkah-langkah yang perlu disiapkan adalah seperangkat PC, modem (Modulator Demodulator). Dan koneksi ke internet melalui penyedian layanan akses internet atau ISP (Internet Service Provider)

22. Apakah fungsi dari modem?
Jawaban : Modem singkatan dari modulator demodulator yang berfungsi untuk mengkorvensikan data digital ke data analog dari komputer pengguna ke komputer server melalui jalur telepon, dan sebaliknya

23. Sebutkan beberapa fasilitas yang tersedia di internet!
Jawaban : Internet adalah jaringan komputer. Sarana atau fasilitas yang ada di internet itu, antara lain meliputi e-mail, FTP, Newsgroup, Mailing List, GOPHER, Telnet, IRC, dam World Wide Web (www)

24. Sebutkan apa saja karakteristik dari topologi bus?
Jawaban : Berikut ini merupakan karakteristik topologi bus
a) Merupakan 1 kabel yang ke-2 ujungnya ditutup, di mana sepanjang kabel terdapat node-node
b) Umum digunakan karena sederhana dalam instalasi
c) Signal melewati kabel dalam dua arah dan mungkin terjadi collision
d) Problem terbesar pada saat kabel putus, Jika salah satu segmen kabel putus, maka seluruh jaringan akan terhenti.

25. Apa yang kalian ketahui mengenai IP address?
Jawaban : IP Address adalah alamat yang diberikan pada jaringan komputer dan peralatan jaringan yang menggunakan protocol TCP/IP. IP Address terdiri atas 32 bit angka biner yang dapat dituliskan sebagai empat kelompok angka desimal yang dipisahkan oleh tanda titik seperti 193.160.5.1

26. Secara umum berdasarkan jenis media penghantar, koneksi data terbagi atas dua. Sebutkan!
Jawaban : Media kabel dan media tanpa kabel

27. Sebutkan topologi Jaringan Wireless!
Jawaban : Berikut merupakan topologi Jaringan Wireless
1) Topologi Ad-Hoc
Topologi ini sama seperti topologi jaringan peer to peer. Artinya, jaringan yang dibangun hanya  menggunakan access point sebagai penghubung .
2)Topologi infastruktur
Pada topologi ini menggunakan wireless LAN Card pada masing-masing komputer, pada topologi ini juga menggunakan acces point sebagai media penghubung. Jadi client jaringan harus melalui acces point terlebih dahulu sebelum dapat berhubungan dengan client yang lain. 

28. Apa saja bentuk koneksi data jaringan tanpa menggunakan kabel?
Jawaban : Bluetooth, GSM/2G, 3G, 4G, Wifi

29. Apa perbedaan dari kabel UTP dengan coaxial?
Jawaban :
a. Kabel Unishielded Twisted Pair (UTP)
Secara fisik, kabel Unishielded Twisted Pair (UTP) terdiri atas empat pasang dawai medium. UTP digunakan sebagai media networking dengan impedasi 100 ohm. UTP memiliki diameter external 0.43 cm, hal ini memudahkan dalam hal instalasi. UTP juga men-support arsitektur-arsitektur jaringan pada umumnya sehingga menjadi sangat popular.
Kelebihannya :
. Media dan ukuran konektor kecil
. Kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps
. Biaya rata-rata per node murah
Kekurangan dari kabel UTP adalah rentan terhadap efek interferensi elektris yang berasal dari media atau perangkat-perangkat di sekelilingnya. Akan tetapi pada prakteknya para administrator jaringan banyak menggunakan kebel ini sebagai media yang efektif dan cukup diandalkan.
b. Kabel koaksial
Kabel koaxsial atau lebih populer dikenal dengan “coax” terdiri atas konduktor silindris melingkar, yang mengelilingi sebuah kabel tembaga inti yang konduktif. Untuk LAN, kabel koaksial dapat dijalankan dengan tanpa banyak membutuhkan bantuan repeater sebagai penguat untuk komnikasi jarak jauh dia antara node network. 

30. Apakah fungsi Hub dalam jaringan?
Jawaban : Fungsi HUB adalah: merupakan alat penghubung computer sekaligus penghubung antar HUB dengan cara menggunakan kabel dengan konfigurasi kebel crossover. Perbedaan hub dengan switch adalah switch memiliki kelebihan yaitu dapat mengenali IP yang dituju sehingga tidak perlu mengirim ke seluruh port yang ada.

31. Kapan dimulainya sejarah internet di Indonesia?
Jawaban : Pada awal 1990-an

32. Sebutkan 2 (dua) cara umum untuk dapat tersambung ke internet!
Jawaban : Secara umum ada dua cara untuk dapat tersambung ke internet, yaitu melalui sambungan perorangan dan melalui sambungan perkantoran. Sambungan perorangan (home user) biasanya digunakan dirumah atau dikantor menggunakan sebuah komputer saja. Sambungan perkantoran/kampus (corporate user) biasanya berupa sekumpulan komputer yang terkait dalam sebuah jaringan lokal (biasa disebut local Area network/LAN) yang tersambung pada kecepatan tinggi ke internet

33. Sebutkan beberapa alternatif teknologi sambungan internet yang banyak digunakan di Indonesia!
Jawaban :
-    Menggunakan Wireless, Wi-fi, atau Hotsport
-    Menggunakan modem ADSL atau Speedy
-    Menggunakan satelit atau VSAT
-    Menggunakan handphone
-    Menggunakan modem dial-up

34. Sebutkan beberapa ciri khas sambungan perkantoran, warnet, atau sekolah!
Jawaban :
- Banyak komputer tersambung sekaligus ke sebuah sambungan internet
- Proses pemakaian bersama satu sambungan internet bagi banyak komputer biasanya dibantu menggunakan router
- Sebagian sambungan beroperasi 24 jam sehari

35. Apa yang kamu ketahui tentang jaringan komputer dan kenapa jaringan komputer saat diperlukan?
Jawaban : Jaringan Komputer adalah beberapa komputer yang dapat saling berhubungan, bukan hanya itu tetapi juga dapat berbagai fungsi hardware, sharing data dan sebagainya. Jaringan komputer sangat dibutuhkan karena akan memudahkan dalam berkomunikasi dan memudahkan pula dalam transfer data dengan tingkat kesalahan yang minim.

36. Dalam mencari informasi melalui internet selain dengan mengklik alamat website, kalian juga dapat melakukannya melalui….
Jawaban : Mesin pencari (Search Engine)

37. Domain name untuk perusahaan, yaitu….
Jawaban : Co

38. Mesin pencari merupakan website Internet yang memberikan fasilitas untuk mencari….
Jawaban : Dokumen

39. Jaringan yang mencakup satu kota maupun satu provinsi dinamakan….
Jawaban : MAN

40. Domain name untuk organisasi, yaitu….
Jawaban : Org

41. Apa yang kalian ketahui tentang jenis-jenis komputer?
Jawaban :
. LAN [Local Area Network]
LAN adalah rancangan dasar jaringan komputer yang bisa diartikan berupa dua buah komputer atau lebih yang dihubungkan melalui perantara media kabel atau wireless sehingga dapat saling melakukan akses. Bukan hanya komputer saja tetapi juga bisa menggunakan perangkat lain seperti komputer server dan client, hub, bridge, repeater, printer dan lain-lain. LAN memungkinkan kita dapat melakukan share atas item dan resource yang terdapat di setiap komputer.
. WAN [Wide Area Network]
WAN adalah kumpulan LAN yang terletak di berbagai lokasi. Akan di butuhkan device jaringan yang dinamakan router untuk menghubungkan LAN-LAN ke sebuah WAN. Reuter berperan mengatur alur data dengan IP address antara LAN dan WAN yang berbeda dengan cara me-routingnya.
. MAN [ Metropolitan Area Network)
MAN adalah pengembangan dari LAN yang menggunakan metode yang sama dengan LAN, tetapi daerah cakupannya lebih luas. Daerah cakupan LAN yang hanya ada dalam satu ruangan, tetapi pada MAN cakupannya bisa merupakan satu RT atau beberapa kantor yang berada pada komplek yang sama.
. Internet
Internet adalah interkoneksi antar jaringan-jaring komputer yang ada di dunia yang bisa saling berkomunikasi dan bertukar informasi menggunakan standard Internet Protocol dan juga sebuah gateway berguna untuk melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras ataupun perangkat lunak.
. Jaringan Tanpa Kabel [WLAN]
WLAN adalah jaringan yang menggunakan media tanpa kabel (Wireless) dan menggunakan sebuah alat bernama Access Point, USB Wireless dan lainnya. Frekuensi pada jaringan tanpa kabel biasanya adalah 2,4 Ghz

42. Apa yang dimaksud dengan workstation?
Jawaban : Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan

43. Disebut apakah alamat dalam jaringan komputer?
Jawaban : IP Address

44. Berapakah jangkauan dari jaringan MAN?
Jawaban : 10 km – 50 km

45. Apakah kepanjangan dari LAN?
Jawaban : Local Area Network

Lanjut ke soal penilaian tengah semester ganjil ==> 50 Contoh Soal UTS/PTS Informatika Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP/MTS Lengkap

Post a Comment for "45 Contoh Soal Essay Informatika Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP/MTS Lengkap2"