Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

45 Contoh Soal UTS/PTS Prakarya Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian3

45 Contoh Soal UTS/PTS Prakarya Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian3 - Halo selamat datang di blog soal-soal sekolah, soal ulangan tengah semester ganjil prakarya kelas viii semester ganjil K13 bagian ke-3 atau terakhir ini berbentuk essay/uraian. Tentunya berbeda dengan soal UTS prakarya bagian ke-1 dan bagian ke-2 (soal nomor 11-25) yang berbentuk pilihan ganda. Tetapi dari segi materi soalnya, semuanya masih sama karena diambil dari Bab 1, soal tentang pengolahan produk kerajinan dan bahan lunak sampai Bab 2, soal tentang sistem teknologi informasi dan komunikasi.

Berikut dibawah ini soal essai uts prakarya kurtilas edisi revisi kelas 8 semester ganjil dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 26.

26. Contoh produk kerajianan dari bahan bambu, antara lain….
Jawaban : Bakul, tampah, dan keranjang

27. Peralatan yang dapat menyimpan data dan dapat digunakan untuk memutar music serta mendengarkan radio adalah….
Jawaban : MP3 player

28. Orang yang membuat, menggunakan, dan memelihara sistem disebut….
Jawaban : Brainware

29. PDA yang dapat berfungsi sebagai hanphone adalah….
Jawaban : PDA phone

30. Informasi yang dihasilkan kompter berupa….
Jawaban : Tulisan, gambar, suara, video, dan animasi

31. Apakah yang dimaksud bahan lunak alami?
Jawaban : Bahan lunak alami adalah bahan lunak yang diperoleh dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun dikombinasikan dengan bahan buatan

32. Kerajinan sabun termasuk kerajinan bahan….
Jawaban : Lunak

33. Membentuk dengan teknik coil dapat dilakukan pada bahan….
Jawaban : Tanah liat

34. Kerajinan tanah liat merupakan salah satu contoh kerajinan dari bahan lunak . kerajinan yang terbuat dari dari bahan tanah liat sering dikenal dengan kerajianan….
Jawaban : Keramik

35. Unsur ergonomis karya kerajinan adalah….
Jawaban : Keamanan, kenyamanan, keluwesan

36. Jelaskan manfaat adanya komunikasi bagi manusia!
Jawaban : Komunikasi merupakan aktivitas yang wajib dilakukan oleh manusia dalam kehidupannya. Komunikasi yang terjadi di antara manusia berguna untuk memindahkan sebuah informasi dari pihak satu ke pihak lainnya.

37. Apakah yang dimaksud media pengantar teknologi dan komunikasi?
Jawaban : Media pengantar teknologi dari komunikasi adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi.

38. Jabarkan manfaat media pengantar teknologi informasi dan komunikasi!
Jawaban : Manfaat media pengantar teknologi informasi dan komunikasi yaitu untuk memudahkan seseorang dalam memperoleh sesuatu yang dicari melalui fasilitas teknologi yang tersedia.

39. Kemukakan yang kalian ketahui tentang deskbook!
Jawaban : Deskbook yaitu peralatan sejenis komputer yang bentuknya praktis yaitu CPU menyatu dengan monitor sehingga mudah diletakkan diatas meja tanpa memakan banyak tempat tetapi masih harus menggunakan listrik secara langsung karena belum dilengkapi batterai.

40. Jelaskan yang kalian ketahui tentang Personal Digital Assistant (PDA)!
Jawaban : Personal Digital Assistant (PDA) yaitu peralatan sjenis komputer tetapi bentuknya sangat mini sehingga dapat dimasukan disaku. Manfaatnya hamper sama dengan komputer dapat mengolah data.  Bahkan sekarang banyak PDA yang juga dapat berfungsi sebagai handphone (PDA Phone).

41. Bahan lunak yang diperoleh dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara tidak dicampur maupun dikombinasikan dengan bahan buatan disebut….
Jawaban : Bahan lunak alami

42. Sebutkan bahan-bahan yang termasuk bahan lunak buatan!
Jawaban : Bahan-bahan yang termasuk dalam bahan lunak buatan yaitu, bubur kertas, gips, fiberglas, lilin, sabun, spons, dan sebagainya

43. Kemukakan sifat dan karakteristik parafin!
Jawaban : Parafin memiliki sifat dan karakter sebagai berikut.
a. Berbentuk lempengan, namun ada juga yang berupa pellet atau butiran
b. Tidak berwarna
c. Tidak beracun
d. Dalam keadaan cair menyerupai air

44. Jelaskan yang termasuk clay!
Jawaban : Clay merupakan tanah liat buatan,yang dapat dibuat dari adonan tepung, parafin, bubur kertas dan polymer

45. Jabarkan yang kalian ketahui tentang teknik menganyam!
Jawaban : Tekinik menganyam merupakan teknik yang digunakan dalam pembentukan karya kerajinan dari bahan lunak dengan karakteristik tertentu. Bahan baku yang digunakan untuk membuat karya kerajinan dengan teknik menganyam berrasl dari berbagai tumbuhan yang telah diambil seratnya. Seperti rotan, bambu, daun lontar, dan sebagainya. 

Lanjut ke soal setelah UTS/PTS ==>
- 35 Contoh Soal PG Prakarya Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS tentang Budi Daya Ternak Kesayangan  dan
- 35+ Contoh Soal Essay Prakarya Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS tentang Budi Daya Ternak Kesayangan 

Post a Comment for "45 Contoh Soal UTS/PTS Prakarya Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian3"