Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Essay Prakarya Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian6

Contoh Soal Essay Prakarya Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian6 - Halo selamat datang kembali di blog soal-soal sekolah, melanjutkan postingan soal esai prakarya kelas viii semester ganjil k13 bagian ke-4 dan bagian ke-5 (soal nomor 46-60), essay bagian ke-6 masih berisikan materi yang sama, dan merupakan bagian terakhir dari "Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi" (Bab 2)
Baca juga: Soal PG Parakaya tentang sistem teknologi informasi dan komunikasi
Dimulai dari pertanyaan nomor 61, berikut dibawah ini soal essay/uraian prakarya kelas 8 semester ganjil dilengkapi kunci jawaban

61. Sebutkan macam-macam peralatan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban : Komputer, televisi, radio, kalkulator, mp3/mp4, dan lain-lain.

62. Apa yang dimaksud komunikasi data?
Jawaban : komunikasi data adalah pentransmian data yang telah mempunyai nilai dan dibentuk menjadi kode digital.

63. Apa yang kalian ketahui tentang facsimile?
Jawaban : faksimile (fotocopy jarak jauh) yaitu peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim tulisan kepada sesama alat tersebut melalui sambungan telephone.

64. Sebutkan jenis teknologi informasi dan komunikasi yang dipakai di zaman kuno!
Jawaban : jenis teknologi informasi dan komunikasi yang dipakai di zaman kuno yaitu sebagai berikut.
a. kentongan
kentongan merupakan alat komunikasi yang terbuat dari batang bambu yang sudah cukup keras dan besar. Kentongan mulai ilang sedikit demi sedikit seiring dengan berkembangnya zaman.
b.  Prasasti
pada zaman dahulu prasasti digunakan sebagai alat komunikasi dengan surat-menyurat yang sifatnya sederhana. Prasasti menggunakan berbagai media diantaranya dari kulit bambu, kayu, batu, kulit binatang, dan lain sebagainya.
c.  asap
asap adalah sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk memberi tahu keberanian seseorang atau kelompok yang tidak dapat dijangkau. Tetapi pada saat zaman kuno, asap digunakan untuk media bertukar informasi.

65. Jelaskan yang dimaksud hardware
Jawaban : Hardware merupakan perangkat keras komputer yang berupa CPU, storage, perangkat input/output, terminal untuk interaksi, dan media komunikasi data.

66. Mengapa komputer dikatakan sebagai alat komunikasi?
Jawaban : komputer dikatakan sebagai alat komunikasi karena komputer dapat berintraksi langsung dengan manusia misalnya dalam menampilkan data.

67. Sebutkan manfaat adanya teknologi informasi dan komunikasi!
Jawaban : Kemudahan dalam berkomunikasi dan mencari berbagai informasi, menghemat biaya dan waktu, meningkatkan produktivitas kerja, meningkatkan layanan publik, dan lain-lain

68. Beri contoh dampak negative dalam penerapan TIK!
Jawaban : Adanya kejahtan cybercrime, penyebaran virus melalui internet yang sangat cepat, penyebaran konten pornografi di kalangan masyarakat, memperluas masuknya budaya asing.

69. Jelaskan perbedaan antara internet dan intranet!
Jawaban : Intranet: sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instalasi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada. Internet adalah kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terkoneksi antara yang satu dengan yang lain.

70. Sebutkan elemen penyusun dari komputer!
Jawaban : Hardware, software,dan brainware

Lanjut ke soal mid  ==> 45 Contoh Soal UTS/PTS Prakarya Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS

Post a Comment for "Contoh Soal Essay Prakarya Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian6"