Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

50 Contoh Soal UTS/PTS PKN Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian3

50 Contoh Soal UTS/PTS PKN Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian3 - Halo selamat datang kembali di blog soal-soal sekolah, postingan soal penilaian tengah semester ganjil Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas ix semester ganjil bagian ke-3 atau terakhir dari rangkain tulisan tentang UTS mapel PPKN merupakan lanjutan dari contoh soal UTS PKN kelas 9 bagian ke-1 dan bagian ke-2 (soal mid nomor 16-30). Bila sebelumnya, soal nya berbentuk pilihan ganda, maka untuk bagian ke-3 ini berbentuk essay/uraian.

Dimulai dari pertanyaan nomor 31, berikut dibawah ini soal PPKN kelas 9 semester 1 dan kunci jawabannya kurtilas edisi revisi.

31. Jelaskan mengenai demokrasi Pancasila!
Jawaban: Demokrasi yang kita kembangkan adalah demokrasi Pancasila. Suatu demokrasi yang tumbuh dari tradisi nilai-nilai budaya bangsa selama ini. Demokrasi yang mengutamakan musyawarah mufakat dan kekeluargaan. Demokrasi yang tidak berdasarkan dominasi mayoritas maupun tirani minoritas. Sistem yang mengutamakan kekeluargaan, bukan sistem oposisi yang saling menjatuhkan dan mengutamakan kepentingan individu dan golongan. Sistem pemilihan umum dalam demokrasi merupakan salah satu contoh perwujudan yang demokrasi yang dikembangkan di Indonesia. Pemilihan umum untuk memilih pemimpin sudah dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sejak dahulu.Bentuk ini dapat dikembangkan dengan menerima cara pemilihan umum di negara lain, seperti partai politik, kampanye, dan sebaginya. Namun pemilihan umum yang terjadi harus sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

32. Jelaskan hubungan bagian pertama, kedua, dan ketiga pokok pikiran Pembukaan UUD 1945!
Jawaban: Bagian pertama, kedua dan ketiga pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 merupakan segolongan pernyataan yang tidak mempunyai hubungan ‘kasual organis’ dengan Batang Tubuh UUD 1945

33. Negara hendak mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, merupakan pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 alinea ke….
Jawaban: kedua

34. Negara melindungi segenap bangsa Indonesia, merupakan pokok Pembukaan UUD 1945 alinea ke….
Jawaban: pertama

35. Negara yang berkedaulatan berdasarkan atas kerakyatan dan permusyawaratan /perwakilan merupakan pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 alinea….
Jawaban: ketiga

36. Sebutkan sebab tawuran antar pelajar!
Jawaban: Salah satu kejadian yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari adalah tawuran pelajar. Tawuran pelajar ini disebabkan oeh beberapa factor.
a. Keluarga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tawuran antarpelajar. Karena baik buruknya rumah tangga sebuah keluarga akan memengaruhi anak. Orang tua yang otoriter dalam pengasuhan yang dipenuhi tindakan kekerasan terhadap anak.
b. Kualitas pengajaran yang tidak begitu memadai dan kurang menunjang proses belajar. Misalnya saja guru yang lebih berperan sebagai penghukum sehingga tidak bisa memberikan pendidikan moral dengan baik.
c. Faktor lingkungan yang memiliki pengaruh  buruk. Misalnya saja lingkungan kota yang penuh dengan kekerasan, yang disaksikan para remaja, adanya kelompok geng yang memiliki perilaku tidak baik, dan munculnya perbedaan resepsi yang akan mengakibatkan konflik diantara masyarakat lingkungan

37. Uraikan contoh keterbukaan ideologi dalam bidang hukum!
Jawaban: Bidang hukum: Pancasila merupakan sumber keadilan negara yang berdasarkan kemanusiaan yang adil yang beradab

38. Apakah yang dimaksud nilai praksis?
Jawaban: Nilai praksis, yaitu merupakan ralisasi nilai-nilai instrumental dalam suatu pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyrakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam realisasi praksis inilah maka penjabaran nilai-nilai Pancasila senantiasa berkembang dan selalu dapat dilakukan perubahan dan perbaikan (reformasi) sesuai dengan perkembangan zaman dan aspirasi masyarakat. Inilah sebabnya bahwa ideologi Pancasila merupakan ideologi yang terbuka.

39. Penyimpangan terhadap konstitusi yang terjadi pada periode 1945-1949 adalah keluarnya maklumat pemerintah tanggal 14 November 1945 yang merubah sistem pemerintahan presidensial menjadi….
Jawaban: parlementer

40. Bagian pertama, kedua, dan ketiga pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 merupakan segolongan pernyataan yang tidak mempunyai hubungan ‘kasual organis’ dengan….
Jawaban: Batang Tubuh UUD 1945

41. Jabarkan mengenai mampu mengatasi masalah!
Jawaban: Setiap warga negara harus memiliki kemamampuan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi. Sikap ini kebiasaan menghadapi masalah, sehingga jikalau sebelumnya hanya menjadi penonton, pengkritik atau menyalahkan orang lain, sekarang menjadi orang yang  mampu memberi solusi (jalan keluar). Kemampuan untuk mengatasi masalah konstitusi negara akan memberikan iklim dan suasana yang semakin baik dalam menata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

42. Sebutkan contoh sikap positif terhadap pokok pikiran ketuhanan di lingkungan bangsa dan negara!
Jawaban: Contoh sikap positif terhadap pokok pikiran ketuhanan di lingkungan bangsa dan negara
a. Menghargai dan menghormati orang lain yang berbeda agama
b. Merayakan hari besar suatu agama
c. Menjunjung tinggi sikap toleransi antarmasyarakat beragama

43. Jelaskan mengenai pemberontakan DI/TII!
Jawaban: Pemberintakan DI/TII yang dipimpin oleh Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo. Pemberontakan ini ditandai dengan didirikannya Negara Islam Indonesia (NII) pada tanggal 17 Agustus 1949. Tujuan utama didirikannya NII adalah untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dengan syariat islam. Kartosuwiryo bersama para pengikutnya baru bisa ditangkap pada tanggal 4 Juni 1962.

44. Tidak beragaya hidup mewah merupakan sikap yang sesuai dengan Pancasila khususnya sila….
Jawaban: lima

45. Negara yang mendasarkan dirinya atas demokrasi konstitusional, UUD mempunyai fungsi yang khas, yaitu membatasi….
Jawaban: kekuasaan pemerintah

46. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Serikat terbentuk sejak….
Jawaban: 27 Desember 1949 samapi 17 Agustus 1950

47. Jelaskan mengenai dimensi idealisme!
Jawaban: Dimensi ini menekankan bahwa nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila yang bersifat sistematis, rasional dan menyeluruh itu, pada hakikatnya bersumber pada filsafat Pancasila. Dimensi idealisme yang terkandung dalam Pancasila mampu memberikan harapan, optimisme serta mampu mendorong motivasi pendukungnya untuk berupaya mewujudkan cita-citanya.

48. Uraikan contoh keterbukaan ideologi dalam bidang kebudayaan!
Jawaban: Bidang kebudayaan: Pancasila menjaga ikatan manusia dengan Tuhannya dengan melalui upacara adat yang terus terjaga secara turun temurun

49. Sikap setia terhadap ideologi Pancasila sangat penting dikembangkan karena melemahnya kepercayaan terhadap ideologi Pancasila akan membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia merupakan alasan….
Jawaban: sosiologis

50. Pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 terkandung dalam….
Jawaban: pasal-pasal UUD NRI 1945

Lanjut ke materi setelah PTS (Bab 3) ==> 35 Contoh Soal PG PKN Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP/MTS Lengkap~Bagian5 dan untuk soal essay/urainnya, silahkan baca mulai dari 40 contoh soal essay PKN kelas 9 semester ganjil K13

1 comment for "50 Contoh Soal UTS/PTS PKN Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS~Bagian3"