Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)~Bagian4

Contoh Soal IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)~Bagian4 - Halo selamat datang kembali di blog soal-soal sekolah, pada postingan soal ilmu pengetahuan sosial kelas ix semester ganjil K13 edisi revisi untuk siswa SMP/MTS bagian ke4 merupakan lanjuta soal essai ips bagian ke-1 sampai bagian ke3 (essay nomor 21-35) dengan materi yang sama (Bab 1), yaitu soal mengenai interaksi antarnegara Asia dan negara lainnya.

Dimulai dari pertanyaan nomor 36, berikut dibawah ini soal dan kunci jawaban IPS kelas 9 semester gasal kurtilas.

36. Jelaskan mengenai fauna yang terdapat di Benua Asia!
Jawaban : Benua Asia kaya akan fauna yang dapat dimanfaatkan oleh manusia, termasuk fauna liar dan fauna yang dilindungi. Fauna yang diternakan seperti: sapi, kerbau, kuda, domba, dan unta. Di daerah kutubterdapat banyak fauna liar seperti rusa, beruang kutub, singa laut, dan rubah. Di Mongolia terdapat fauna liar seperti antilop. Di Asia Tenggaradan selatan banyak terdapat fauna liar seperti gajah, badak, kera, dan harimau. Adapun beberapa fauna yang di lindungi seperti komodo, badak, bercula satu, harimau putih, dan panda.

37. Sebutkan dampak positif yang di akibatkan oleh kerjasama ekonomi bagi indonesia!
Jawaban : Dampak positif yang diakibatkan oleh kerja sama ekonomi bagi indonesia sebagai berikut.
a. Mendorong proses pembangunan nasional
b. Semakin diakuinya Indonesia dalam kancah pergaulan dunia
c. Memperoleh keuntungan dari spesialisasi perdagangan
d. Meningkatkan devisa negara
e. Meluasnya lapangan kerja
f. Memperluas transfer teknologi modern dan pendampingan teknis

38. Jelaskan kondisi geografis Amerika Selatan!
Jawaban : Amerika Selatan berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik yang tersambung dengan Amerika Utara melalui Tanah Genting Panama. Amerika Selatan ini dilintasi oleh garis khatulistiwa, dan sebagian besar dataran benua tersebut berada di belahan bumi selatan. Bagian barat Amerika Selatan terdiri dari barisan pegunungan Andes dari utara hingga ke selatan, sedangkan bagian timur benua merupakan dataran rendah sebagian besar merupakan basin sungai Amazon, dengan hutan tropis yang lebat.

39. Sebutkan Bahasa yang digunakan di Benua Amerika!
Jawaban : Bahasa yang di gunakan penduduk Amerika adalah Bahasa Portugal (di Brazil), Bahasa Belanda(di suriname), Bahasa Spanyol(di Argentina, Chili, Kolombia, Kosta Rica, Kuba, Dominika, Ekuador, El Savador, Venezuela, Peru, Panama, Nikaragua, dan Meksiko), serta Bahasa inggris (di Amerika Serikat, Bahama, Barbados, Kanada, Guyana, Saint Lucia, St Crhisthoper, dan Jamaika).

40. Jelaskan mengenai iklim di Australia!
Jawaban : Iklim di Australia di pengaruhi oleh arus samudra, jarak dari laut dan bentang alam. Sekitar pantai utara, barat, dan timur suhunya relatif hangat karena pengaruh mengalisisnya arus panas.

41. Uraikan mengenai letak dan luas Benua Antartika!
Jawaban :
a. Letak Benua Antartika: 66,5 – 90 LS
b. Luas Benua Antartika:  15.540.000 km2

42. Jelaskan mengenai letak astronomis dan luas Benua Afrika!
Jawaban :Secara astronomis, Benua Afrika terletak di antara ± 35° LU - 33° LS dan ± 18° BT - 53° BT Luas wilayah Benua Afrika mencapai ± 29.800.540 km2.

43. Sebut dan jelaskan empat wilayah iklim Benua Eropa!
Jawaban : Benua Eropa dapat dibedakan menjadi empat wilayah iklim, yaitu sebagai berikut.
a. Wilayah iklim sedang yang di pengaruhi oleh lautan Wilayah iklim yang dipengaruhi oleh lautan tersebar di kawasan pantai barat dan kepulauan Inggris.
b. Wilayah iklim sedang yang dipengaruhi oleh daratan, wilayah iklim sedang dipengaruhi oleh daratan tersebar di kawasan pedalaman bagian barat dan timur Eropa.
c. Wilayah iklim subarkatik terdapat di sekitar garis lingkaran kutub utara (66,5°LU)
d. Wilayah iklim mediteran tersebar di wilayah Eropa Selatan yang berbatasan dengan laut Mediterania.

4. Sebutkan dan jelaskan mengenai negara Eropa Barat dan keunggulan wilayah tersebut!
Jawaban : Eropa barat merupakan salah satu wilayah di Eropa yang begitu dikenal. Beberapa negara yang berada di kawasan Eropa Barat tersebut sebagai negara maju dalam sisi ekonomi, bisnis, dan keuangan. Selain itu beberapa kota yang ada di Eropa Barat juga menjadi destinasi wisata yang popular dikalangan pelancong, misalnya London, Paris, Amsterdam, dan sebagainya. Adapun negara-negara yang berada di kawasan Eropa Barat, yaitu sebagai berikut. Tabel negara-negara di kawasan Eropa Barat.


45. Uraikan mengenai luas dari Benua Asia!
Jawaban : Benua Asia merupakan benua terluas di dunia. Hampir 1/3 daratan yang ada di dunia terletak di Benua Asia. Benua Asia memiliki luas kurang lebih 44.000.000 km2

Lanjut ke soal penilaian tengah semester ganjil ==> 50 Contoh Soal UTS/PTS IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya SMP/MTS

Post a Comment for "Contoh Soal IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (Essay)~Bagian4"