Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

50 Contoh Soal UTS/PTS IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya SMP/MTS~Bagian3

50 Contoh Soal UTS/PTS IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya SMP/MTS~Bagian3 - Halo selamat datang kembali di blog soal-soal sekolah, postingan soal ulangan tengah semester ganjil ilmu pengetahuan sosial K13 kelas viii semester bagian ke-3 atau terakhir ini merupakan lanjutan soal UTS IPS bagian ke-1 dan bagian ke-2 (soal nomor 16-30). Pada bagian sebelumnya, butir soal berbentuk pilihan ganda/PG, maka untuk bagian ke-3 berbentuk essay/uraian.

Berikut dibawah ini, soal UTS IPS kelas 8 semester ganjil kurtilas edisi revisi beserta jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 31.

31. Bagaimana kegiatan ekonomi penduduk Singapura?
Jawaban : Singapura merupakan negara industri terbesar di Asia Tenggara. Di sektor pertanian, Singapura menimbun rawa-rawa menjadi lahan pertanian yang menghasilkan sayur-sayuran, buah-buahan, dan bunga anggrek. Singpura merupakan daerah tujuan wisata bagi wisatawan yang ingin berbelanja.

32. Terangkan kondisi iklim di Negara Brunei Darussalam!
Jawaban : Brunei Darussalamberiklim teropis. Suhu rata-rata berkisar 24°C - 30°C. Curah hujan tahunan berkisar 2.540 mm pertahun. Musim kemarau terjadi pada kurun waktu Juni-Agustus, sedangkan musim penghujan pada kurun waktu November-Mei.

33. Sebutkan batas wilayah kawasan Asia Tenggara!
Jawaban : Sebelah utara berbatasan dengan negara Tiongkok, dan Laut Tiongkok timur; sebelah barat berbatasan dengan Teluk Benggala, Laut Andaman, dan Samudra Hindia; dan Benua Australia;sebelsh timur berbatasan dengan negara Papua Nugini, dan Samudra Pasifik. 

34. Kemukakan bentang alam Negara Malaysia
Jawaban : Wilayah Malaysia sebagai besar berupa Pegunungan. Wilayah Malaysia Barat merupakan bagian dari deretan Pegunungan Mediterania, sedangkan di wilayah Malaysia Timur merupakan bagian dari deretan Sirkum Pasifik. Adapun dataran rendah aluvial yang subur terdapat di pantai selatan dan barat Semenanjung Malaya. Malaysia cukup banyak memiliki sungai. Sungai terpanjang di Malaysia adalah Sungai Rajang (560 km) dan Sungai Kinabatangan (550 km).

35. Mengapa sebagian besar negara-negara di kawasan Asia Tenggara beriklim tropis yang kondisi musimnya dipengaruhi angina muson?
Jawaban : Karena kawasan di Asia Tenggara adalah Terletak pada Garis katulistiwa, dan juga asia tenggara itu wilayahnya terletak di antara 2 Samudra, yaitu Pasifik dan Hindia, yang menyebabkan angin muson barat dan timur.

36. Tiga kawasan utama dari Negara Filipina, yaitu….
Jawaban : Luzon, Visayan dan Mindanao

37. Letak astronomis Negara Indonesia terletak di antara….
Jawaban : 6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141°BT

38. Kerja sama antarnegara di ASEAN berupa industry tembaga terletak di Negara….
Jawaban : Filipina

39. Teknologi perunggu di Negara Vietnam dikenal dengan kebudayaan ….
Jawaban : Dongson

40. Perjanjian deklarasi Kuala Lumpur di tandatangani pada tanggal….
Jawaban : 27 November 1971

41. Jelaskan beberapa hal-hal yang mendasari terbentuknya organisasi regional ASEAN!
Jawaban : Persamaan akan letak geografis, persamaan budaya, persamaan nasib, serta persamaan kepentingan untuk menjalin hubungan kerjasama.

42. Kelahiran dan kematian merupakan faktor….
Jawaban : Alami pertumbuhan penduduk

43. Negara Gajah Putih merupakan julukan dari negara….
Jawaban : Thailand

44. Sebelah selatan dari Negara Myanmar berbatasan dengan….
Jawaban : Laut Andaman

45. Gunung tertinggi dari Timor Leste adalah….
Jawaban : Gunung Tata Mailau

46. Jelaskan kegiatan ekonomi penduduk Brunei Drussalam!
Jawaban : Pendapatan per capital penduduk Brunei Darussalam paling tinggi di Asia Tenggara. Hasil utamanya adalah minyak bumi. Bidang pertanian menghasilkan tanaman padi dan jagung, tetapi belum mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri. Komoditas eksport hasil perkebunan berupa karet dan lada. Mata uang Brunei Darussalam adalah dolar.

47. Jelaskan kegiatan ekomomi penduduk Laos!
Jawaban : Penduduk Laos menyandarkan perekonomiannya di bidang pertanian . Hasil pertaniannya berupa padi, jagung, tembakau, kapas, kopi dan buah jeruk. Komoditas eksporthasil tambang Laos berupa timah. 

Baca juga:
- 50 Contoh Soal UTS/PTS IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya SMP/MTS
- 50 soal UTS IPS kelas 7 semester 1 K13 beserta jawaban
- 40 Contoh Soal UTS/PTS IPA Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS
- 30+ Contoh Soal UTS/PTS IPA Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 SMP/MTS(PG+Essay)

48. Mengapa sebagian besar negara di kawasan Asia Tenggara masih tergolong sebagi negara yang sedang berkembang?
Jawaban : Karena Asia Tenggara merupakan daerah yang kondusif, Sehingga orang-orang di daerah tersebut sudah merasa nyaman dengan keadaan lingkungannya kemudian menjadi tidak mau berusaha memaksimalkan industri negaranya. Hal ini menyebabkan orang-orang Asia Tenggara lebih suka bertani di bandingkan bersaing di sektor industry.

49. Bagaimana cara melaksanakan tradisi penghormatan Sompeah di Negara Kmboja?
Jawaban : Di Kamboja, tanda penghormatan biasanya dilakukan dengan menempelkan kedua telapak tangan dan kemudian menunduk. Penghormatan ini dinamakan Sompeah dan biasanya dilakukan oleh orang yang lebih muda dan oleh orang yang tingkatnya lebih rendah.

50. Hasil tambang dari Negara Singapura adalah….
Jawaban : Timah dan biji besi

Lanjut ke soal setelah UTS/PTS, BAB 2 ==> Contoh soal IPS kelas 8 SMP tentang pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial dan kebangsaan

Post a Comment for "50 Contoh Soal UTS/PTS IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya SMP/MTS~Bagian3"