70 Contoh Soal IPS SMP/MTS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (PG+Essay)~Bagian3
70 Contoh Soal IPS SMP/MTS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Beserta Kunci Jawabannya (PG+Essay)~Bagian3 - Halo, selamat datang kembali di blog soal-soal sekolah. Postingan ketiga soal Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu kelas VIII semester gasal ini, merupakan lanjutan contoh soal pilihan ganda IPS kelas 8 semester 1 tentang pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial dan kebangsaan dan bagian ke-2 (soal nomor 16-30).
Soal dan jawaban IPS tulisan ini berbentuk essay/uraian, tentunya berbeda dengan postingan sebelumnya yang butir soalnya PG/Pilihan Ganda, tetapi dengan materi yang sama diambil dari Bab 2 Pengaruh Interaksi sosial terhadap kehidupan sosial dan kebangsaan seperti soal mengenai mobilitas sosial, pluralitas masyarakat Indonesia serta konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial.
Dimulai dari pertanyaan nomor 31, berikut dibawah ini lanjutan soal pengaruh interaksi sosial Kelas 8 semester 1 kurtilas edisi revisi dengan dilengkapi kunci jawaban.
31. Sebutkan saluran-saluran mobilitas sosial menurut Pitrim A. Sorokin!
Jawaban: saluran-saluran mobilitas sosial menurut Pitrim A. Sorokin sebagai berikut.
a. Organisasi politik
b. Pendidikan
c. Lembaga keagamaan
d. Organisasi keahlian
e. Pernikahan
f. Organisasi ekonomi
g. Organisasi keolahragaan
h. Angkatan bersenjata
32. Jelaskan hubungan antara objek ilmu sosial dengan mobilitas!
Jawaban: objek ilmu sosial adalah masyarakat, sedangkan fenomena sosial yang disebut dengan istilah mobilitas telah menjadi sasaran penelitian sosial yang makin menarik. Pada masyarakat modern sering kita jumpai fenomena-fenomena keinginan untuk pencapaian status sosial maupun penghasilan yang lebih tinggi. Hal tersebut merupakan pendorong masyarakat untuk melakukan mobilitas sosial demi terapainya ksesejahteraan hidup. Keinginan untuk mencapai status dan penghasilan yang lebih tinggi dari apa yang pernah dicapai oleh orang tua seseorang, merupakan impian setiap orang. Keinginan-keinginan tersebut adalah normal, karena pada dasarnya manusia memiliki kebutuhan yang tidak terbatas. Namun pada kenyataannya mobilitas sosial yang terjadi pada masyarakat tidak hanya bersifat naik ke tingkat yang lebih tinggi, akan tetapi banyak mobilitas sosial turun tanpa direncanakan.
33. Uraikan tentang perbedaan antara masyarakat yang berkelas sosial terbuka dan tertutup!
Jawaban: masyarakat yang berkelas sosial terbuka identik dengan masyarakat yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi sedangkan masyarakat yang berkelas sosial tertutup identik dengan masyarakat yang memiki tingkat mobilitas yang rendah. Dlaam sistem lapisan terbuka, kedudukan yang hendak dicapai tergantung pada usaha dan kemampuan individu. Memang benar bahwa anak seorang lurah memiliki peluang yang lebih baik dan lebih besar daripada anak seorang penjual gorengan. Akan tetapi, kebudayaan dalam masyarakat tidak menutup kemungkinan bagi anak penjual gorengan untuk memperoleh kedudukan yang lebih tinggi dari kedudukan yang semula dimilikinya. Pada masyarakat berkasta yang sifatnya tertutup, hampir tak ada gerak sosial karena kedudukan seseorang telah ditentukan sejak dilahirkan, misalnya pekerjaan, pendidikan dan pola hidupnya. Hal tersebut dikarenakan pada struktur sosial masyarakat tersebut tidak memberikan peluang untuk mengadakan perubahan.
34. Tuliskan dampak mobilitas sosial jika dilihat dari sudut pandang psikologi sosial!
Jawaban: jika dilihat dari sudut pandang psikologi sosial, dampak mobilitas sosial antara lain menimbulkan ketakutan dan kegelisahan pada seseorang yang mengalami mobilitas menurun, mengalami fustasi/putus asa dan rasa malu bagi orang-orang yang ingin naik ke lapisan atas tetapi tidak dapat mencapainya serta gangguan psikologis bila seseorang turun dari jabatannya (post power syndrome).
35. Jabarkan posisi sosial di kalangan masyarakat feodal Jawa!
Jawaban: dalam suatu masyarakat, sebuah nama diidentifikasikan pada posisi sosial tertentu. Gerak ke atas dapat dilaksanakan dengan mengubah nama yang menunjukkan posisi sosial yang lebih tinggi. Mobilitas tersebut umumnya terjadi pada masyarakat feodal dan masyarakat militer. Perubahan nama terjadi seiring dengan kenaikan pangkat. Hal tersebut dapat dilihat di kalangan masyarakat feodal Jawa, dimana seseorang yang memiliki status sebagai orang kebanyakan mendapat sebutan “kang” di depan nama aslinya. Setelah diangkat sebagai pengawas pamong praja sebutan dan namanya berubah sesuai dengan kedudukannya yang baru seperti “raden”.
36. Sebutkan bentuk-bentuk konflik sosial posisi perilaku yang berkonflik!
Jawaban: konflik berdasarkan posisi pelaku yang berkonflik dikategorikan menjadi tiga, sebagai berikut.
a. Konflik vertikal
Konflik vertikal adalah konflik antarkomponen masyarakat di dalam satu struktur yang memiliki hierarki. Contoh konfliknya: Konflik antarburuh bangunan dengan mandornya atau manager, konflik antara nelayan dengan juragan kapal.
b. Konfil horizontal
konflik horizontal adalah konflik yang terjadi antara individu atau kelompok yang memiliki kedudukan kedudukan relatif sama. Contoh konfliknya: konflik yang terjadi antaraorganisasi sekolah.
c. Konflik diagonal
Konflik diagonal adalah konflik yang terjadi karena adanya ketidakadilan alokasi sumber daya ke seluruh organisasi sehingga menimbulkan pertentangan yang ekstrim. Contoh konflinya: konflik antara Pilot Garuda dengan managemen karena ketidakadilan jumlah gaji yang diterima.
37. Apakah yang dimaksud dengan konflik sosial?
Jawaban: konflik adalah proses sosial yang di dalamnya orang per orang atau kelompok manusia berusaha mencapai tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan dengan menggunakan ancaman atau kekerasan.
38. Sebutkan faktor-faktor pengambat integrasi sosial!
Jawaban: selain terdapat faktor pendorong, juga terdapat faktor penghambat dalam integrasi sosial sebagai berikut.
a. Keragaman dan kemajemukan suku bangsa (heterogen)
b. Wilayah yang luas
c. Besarnya kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang merongrong keutuhan, kesatuan, dan persatuan bangsa, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.
d. Adanya paham (etnosentrisme) diantara beberapa suku bangsa.
e. Lemahnya nilai-nilai budaya bangsa akibat kuatnya pengaruh budaya asing.
f. Diskriminasi
39. Jabarkan yang kalian ketahui tentang faktor-faktor pendorong integrasi sosial!
Jawaban: faktor-faktor pendorong terjadinya integrasi sosial, sebagai berikut.
a. Pengorbanan
b. Toleransi di dalam kelompok sosial
c. Kesediaan untuk mencapai tingkat konsensus.
d. Mengidentifikasi akar persamaan di antara kultur-kultur etnis yang ada.
e. Kemampuan segenap kelompok yang ada untuk berperan secara bersama-sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi.
f. Mengakomodasi timbulnya (kebangkitan etnis)
g. Upaya yang kuat dalam melawan prasangka dan diskriminasi.
h. Menghilangkan pengotak-ngotakan budaya
Baca juga:
- 50 Contoh Soal UAS/PAS IPS Kelas 7 SMP/MTS Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Kunci Jawaban
- 40 Contoh Soal UAS/PAS IPA SMP Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Kunci Jawaban
- 45 Contoh Soal UAS/PAS IPA SMP Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Kunci Jawaban
40. Tuliskan syarat terwujudnya integrasi menurut William F. Ogbum dan Mayer Nimkof!
Jawaban: Menurut William F. Ogbum dan Mayer Nimkof, syarat terwujudnya integrasi sosial adalah sebagai berikut.
a. Masyarakat berhasil menciptakan kesepakatan (konsensus) bersama mengenai norma dan nilai-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman dalam hal-hal yang dilarang menurut kebudayaan
b. Norma-norma dan nilai sosial itu berlaku cukup lama, tidak mudah berubah, dan dijadikan secara konsisten oleh seluruh anggota masyarakat
c. Anggota-anggota masyarakat merasa berhasil saling mengisi kebutuhan-kebutuhan di antara mereka.
41. Dampak utama antara tindakan sosial dengan nilai norma sosial yang tidak serasi dapat menimbulkan….
Jawaban: konflik sosial
42. Indonesia menjadi penengah dalam konflik antarfraksi di Kamboja serta pemerintah Filipina dan pemberontak Moro. Dalam hal ini, posisi Indonesia berperan sebagai….
Jawaban: mediator
43. Jelaskan yang kalian ketahui tentang definisi pluralisme!
Jawaban: pluralisme merupakan suatu paham yang mengakui dan menerima adanya kemajemukan agama, suku, ras, adat-istiadat, dan sebagainya dalam suatu kelompok masyarakat.
44. Deskripsikan mengenai pluralisme suku bangsa Indonesia!
Jawaban: pluralisme suku bangsa terlihat dari saling hidup rukunnya antarsuku bangsa di Indonesia. Hal ini mengingat Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa. Kita harus bersyukur bahwa bangsa kita hidup rukun dan damai dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika.
45. Jabarkan yang dimaksud pluralisme agama menurut pendapat Nurcholis Madjid?
Jawaban: pluralisme agama adalah bahwa semua agama adalah jalan kebenaran menuju Tuhan. Dalam konteks ini, Madjid menyatakan bahwa keragama agama tidak hanya sekedar realitas sosial, tetapi keragaman agama justru menunjukkan bahwa kebenaran memang beragam. Pluralisme agama tidak hanya dipandang sebagai fakta sosial yang fragmentatif, tetapi harus diyakini bahwa begitulah faktanya mengenai kebenaran.
46. Mengapa kita harus mengembangkan kebudayaan nasional? Jelaskan!
Jawaban: budaya nasional identik dengan budaya yang dihasilkan oleh masyarakat bangsa tersebut sejak zaman dahulu hingga kini sebagai suatu karya yang dibanggakan yang memiliki kekhasan bangsa tersebut dan memberi identitas warga, serta menciptakan suatu jati diri bangsa yang kuat. Sedangkan pengertian kebudayaan nasional diterjemahkan sebagai suatu kebudayaan yang didukung oleh sebagian besar warga suatu negara dan memiliki syarat mutlak bersifat khas dan dibanggakan, serta memberikan identitas terhadap warga. Misalnya pada penggunaan pakaian batik sebagai adalah hasil dari budaya lokal, bahkan beberapa daerah di Nusantara mampu menciptakan corak khas batik yang berbeda-beda. Selanjutnya batik diangkat menjadi salah satu pakaian nasional. Dengan demikian, budaya lokal menjadi budaya nasional.
47. Uraikan yang kalian ketahui tentang pengertian pluralisme budaya menurut Koentjaraningrat!
Jawaban: pluralisme kebudayaan adalah dua macam tradisi kebudayaan atau lebih yang membagi masyarakat ke dalam golongan sosial yang berbeda-beda.
48. Upaya-upaya dalam menyelesaikan konflik dengan melakukan tawar-menawar disebut….
Jawaban: kompromi
49. Tindakan fisik dan nonfisik yang ditujukan kepada orang lain dalam posisi lebih lemah keberadaannya disebut….
Jawaban: kekerasan
50. Sifat dasar dari interaksi sosial adalah….
Jawaban: timbal balik
Lanjut ke soal nomor 51-70 ==> contoh soal essay IPS tentang pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial dan kebangsaan
Post a Comment for "70 Contoh Soal IPS SMP/MTS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya (PG+Essay)~Bagian3"