80 Latihan Soal IPS Kelas 7 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP/MTS(PG&Essay) Lengkap
80 Latihan Soal IPS Kelas 7 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP/MTS(PG&Essay) Lengkap - Halo, selamat datang kembali di blog soal-soal sekolah. Postingan 80 soal-soal Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Kelas VII Semester ganjil, diambil dari materi Bab 2 Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial, seperti soal IPS kelas 7 semester 1 tentang interaksi sosial, pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial, serta soal-soal mengenai lembaga sosial.
Soal IPS kelas 7 semester 1 Bab 2 beserta jawaban ini, merupakan materi yang diambil setelah siswa menengah pertama/madrasah tsanawiyah melaksanan soal PTS IPS kelas 7 semester 1, dimana soal-soal ujian tengah semester tersebut, diambil dari Bab 1 soal ips kelas 7 semester 1 interaksi antar ruang.
Ada 80 butir soal IPS yang diambil dari Bab 2 ini (35 pilihan ganda + 45 essay/uraian) yang bisa siswa pelajari sebagai referensi belajar online, sebelum menghadapi ujian (ulangan harian, PTS, UAS/PAS) di semester satu ini.
Berikut di bawah ini, soal IPS kelas 7 semester 1 kurtilas edisi revisi dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.
1. Suatu sistem tata kelakuan dengan hubungan yang terpusat pada aktivitas untuk memenuhi kebutuhan bermasyarakat disebut….
a. Nilai sosial
b. Norma sosial
c. Asosiasi
d. Lembaga sosial
Jawaban: b. Norma sosial
Pembahasan:
Norma adalah patokan perilaku yang disepakati oleh masyarakat
2. Dalam proses melembaga, nilai dan norma sosial diserap individu anggota masyarakat hingga mendarah daging. Proses ini disebut dengan….
a. Validasi
b. Interaksi sosial
c. Pelembagaan
d. Integrasi
Jawaban: b. Interaksi sosial
Pembahasan: Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antara orang perorang , antara kelompok mausia, maupun antara orang perorang, dan kelompok manusia
3. Berikut ini termasuk ke dalam bentuk dari kontak sosial, kecuali berdasarkan….
a. Cara
b. Sifat
c. Waktu
d. Bentuk
Jawaban: c. Waktu
Pembahasan:
Kontak sosial dibedakan sebagai berikut.
a. Berdasarkan cara
Berdasarkan caranya, kontak sosial dibedakan menjadi dua macam yaitu kontak langsung dan kontak tidak langsung. Kontak langsung terjadi secara fisik, misalnay dengan berbicara, tersenyum atau Bahasa gerak (isyarat), Adapun kontak tidak langsung terjadi melalui media atau perantara tertentu, seperti pesawat telepon, radio, televise, telegram , surat, dan lain-lain.
b. Berdasarkan sifat
Berdasarkan sifatnya , kotak sosial dibedakan menjdi tiga macam yaitu kontak antarindividu antara individu dengan kelompok, dan antara kelompok dengan kelompok. Kontak antarindividu misalnya tindakan seseorang anak mempelajari kebiasan-kebiasaan dalam keluarganya. Kontak antar kelompok dengan kelompok, misalnya pertandingan boal voli antar siswa SMA di bandung . Adapun kontak antar individu dengan kelompok misalnya tindakan seseorang guru yang sedang mengajar siswanya agar mereka presepsi yang sama tentang sebuah masalah Contohnya guru tari yang melatih beberapa murid, sehingga terjadi persamaan gerak di antara mereka.
c. Berdasarkan bentuk.
Dilihat dari bentuknya, kontak sosial dibedakan menjadi dua macam yaitu kontak positif dan kontak negative kontak positif mengarah pada suatu kerja sama. Misalnya seorang pedagang melayani pelanggannya dengan baik. Kontak negatife mengarah pada suatu pertentangan, bahkan berakibat putusnya interaksi sebagaimana tampak dalam perang Lebanon dan Israel.
d. Berdasarkan tingkat hubunganya.
Menurut tingkat hubungannya, kontak sosial di bedakan menjadi kontak primer dan kontak skunder. Kontak primer terjadi apabila orang yang mengadakan hubungan langsung bertemu dan bertatap muka. Misalnya orang yang saling berjabat tangan, saling melempar senyum dan sebagainya. Ada pun kontak skunder suatu perantara atau media, bisa berupa orang atau alat. Selain itu juga dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung misalnya berbicara melalui telepon.
4. Salah satu contoh unsur lembaga agama berkaitan dengan sumber kebenaran yang bersifat mutlak adalah….
a. Tujuan hidup
b. Aktivitas bersama
c. Ritual keagamaan
d. Kepercayaan kepada tuhan
Jawaban: d. Kepercayaan kepada tuhan
Pembahasan: Salah satu contoh unsur lembaga agama berkaitan dengan sumber kebenaran yang bersifat mutlak adalah Kepercayaan kepada tuhan
5. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Keanggotaan bersifat alami
(2) Menjaga keteraturan dan ketertiban masyarakat
(3) Status sosial anggota terbentuk dengan sendirinya
(4) Mengatur produksi, distribusi, dan komsumsi masyarakat.
Ciri struktur lembaga keluarga ditunjukan oleh nomor….
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (1) dan (3)
d. (2) dan (4)
Jawaban: c. (1) dan (3)
Pembahasan: Ciri struktur lembaga keluarga adalah Keanggotaan bersifat alami ) Status sosial anggota terbentuk dengan sendirinya
6. Lembaga pengendalian sosial yang berperan memberi nasihat, bimbingan,dan petunjuk kepada masyarakat dilakukan oleh….
a. Polisi
b. Tokoh masyarakat
c. Pengadilan
d. Adat
Jawaban: b. Tokoh masyarakat
Pembahasan: Lembaga pengendalian sosial yang berperan memberi nasihat, bimbingan,dan petunjuk kepada masyarakat dilakukan oleh Tokoh masyarakat
7. Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri lembaga sosial adalah….
a. Memiliki symbol atau lambing
b. Memiliki tata tertib dan tradisi
c. Memiliki tujuan
d. Merupakan suatu cara bertindak
Jawaban: d. Merupakan suatu cara bertindak
Pembahasan: ciri-ciri lembaga sosial adalah Sebagai berikut.
a. Memiliki symbol atau lambing
b. Memiliki tata tertib dan tradisi
c. Memiliki tujuan
Baca juga:
- 73 Soal dan Jawaban IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 SMP/MTS(PG&Essay)
8. Lembaga ekonomi berkaitan erat dengan kegiatan….
a. Produksi,distribusi, dan komsumsi
b. Penyiapan tenaga kerja terampil
c. Tersedianya saran dan prasarana kesejahteraan
d. Terbentuknya pola-pola pemenuhan kebutuhan
Jawaban: a. Produksi,distribusi, dan komsumsi
Pembahasan: Lembaga ekonomi berkaitan erat dengan kegiatan Produksi,distribusi, dan komsumsi
9. Pada saat menjalankan fungsi sosialisasi, lembaga keluarga harus mendorong anggotanya untuk melakukan….
a. Persaingan dalam hidup bersama
b. Internalisasi nilai dan norma
c. Pemenuhan kebutuhan hidup
d. Mempertahankan status sosial
Jawaban: b. Internalisasi nilai dan norma
Pembahasan: Dalam menjalankan fungsi sosialisasi, lembaga keluarga harus mendorong anggotanya untuk melakukan Internalisasi nilai dan norma
10. Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri interaksi sosial adalah….
a. Jumlah pelakunya lebih dari satu orang
b. Terjadinya komunikasi di antara pelaku yang saling berinteraksi yaitu melalui kontak sosial
c. Dilaksanakan melalui suatu pola kekeluargaan
d. Mempunyai maksud dan tujuan yang jelas
Jawaban: c. Dilaksanakan melalui suatu pola kekeluargaan
Pembahasan: Adapun ciri-ciri interaksi sosial Dapat dijelaskan sebagai berikut.
a. Jumlah pelakunya lebih dari satu orang
b. Terjadinya komunikasi di antara pelaku yang saling berinteraksi yaitu melalui kontak sosial
c. Mempunyai maksud dan tujuan yang jelas
d. Dilakukan melalui suatu pola sistem sosial tertentu
11. Pihak penengah membuat keputusan yang disetujui oleh para pihak yang berkonflik disebut….
a. Debat
b. Arbitase
c. Mediasi
d. Konsiliasi
Jawaban: b. Arbitase
Pembahasan: Kompromi di upayakan melalui mediasi, konsiliasi, dan arbitase ( perantara, mediasi, dan konsiliasi bermakna sama, yaitu upaya pihak ketiga untuk menolong para pihak (yang berkonflik) mencapai suatu persetujuan sedang dalam arbitase, pihak penengah membuat keputusan yang di setujui oleh para pihak yang berkonflik.
12. Menurut Dokter A.M.J Chorus ada beberapa syarat dalam imitasi sosial, adalah….
a. Adanya ketergantungan terhadap satu barang atau jasa orang lain
b. Adanya kelebihan yang dimiliki oleh orang lain yang ingin ditirunya
c. Adanya sikap menghargai, mengagumi, dan memahami sesuatu yang akan di tiru
d. Adanya suatu sikap yang saling membantu satu sama lainnya
Jawaban: c. Adanya sikap menghargai, mengagumi, dan memahami sesuatu yang akan di tiru
Pembahasan: Menurut Dokter A.M.J Chorus, terdapat syarat yang harus di penuhi dalam melakukan imitasi, yaitu adanya minat atau perhatian terhadap objek atau subjek yang akan di tiru, serta adanya sikap menghargai, mengaggumi, dan memahami sesuatu yang akan di tiru.Dalam hal ini faktor imitasi mempunyai peranan sangat penting dalam proses interaksi sosial.
13. Suatu sikap dan sifat seseorang akan dibentuk oleh lembaga….
a. Masyarakat
b. Keluarga
c. Pendidikan
d. Budaya
Jawaban: b. Keluarga
Pembahsan : Fungsi peranata keluarga sangat penting artinya bagi masyarakat luas karena inti keseluruhan penyesuaian diri setiap orang di tentukan di keluarga masing-masing.Fungsi utama peranata keluarga ialah menjaga agar jangan sampai para anggota keluarganya bertindak menyimpang dari pranata yang ada di masyarakat luas. Fungsi paranata keluarga menurut para ahli sosiologi meliputi fungsi pengaturan hubungan geologis, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi, fungsi afeksi, fungsi penentu status, fungsi perlindungan, dan fungsi ekonomi.
14. Lembaga pendidikan formal memberikan ilmu dan teknologi kepada generasi muda.Fungsi tersebut dikenal dengan istilah….
a. Laten
b. Psikologis
c. Dinamis
d. Integrasi
Jawaban: d. Integrasi
Pembahasan:
Lembaga pendidikan formal memberikan ilmu dan teknologi kepada generasi muda. Fungsi tersebut dikenal dengan istilah integrasi
15. Berikut yang bukan termasuk fungsi lembaga pendidikan adalah….
a. Mengurangi Pengendalian orang tua
b. Menyediakan sarana untuk pembangkangan
c. Mempertahankan sistem kelas sosial
d. Memperpendek masa sulit remaja
Jawaban: d. Memperpendek masa sulit remaja
Pembahasan:
Fungsi lembaga pendidikan adalah sebagai berikut.
a. Mengurangi pengendalian orang tua
Melalui pendidikan sekolah, orang tau melimpahkan tugas dan wewenang dalam mendidik anak kepada sekolah.
b. Mediakan sarana untuk pembangkangan
Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan pandanga antara sekolah dan masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya sikap terbuka.
c. Mempertahankan sistem kelas sosial
Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, previlese, dan status yang ada dalam masyarakat sekolah juga diharapkan menjadi saluran mobilitas siswa ke setatus sosial yang lebih tinggi atau paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.
d. Memperpanjang masa remaja
Pendidikan sekolah dapat memperlambat masa dewasa seseorang karena siswa masih tergantung secara ekonomi dari orangtuanya.
Lanjut ke soal nomor 16-35 ==> latihan soal IPS kelas 7 semester 1 beserta kunci jawabannya
Post a Comment for "80 Latihan Soal IPS Kelas 7 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP/MTS(PG&Essay) Lengkap"