Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

50 Contoh Soal UTS/PTS Informatika Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP/MTS Lengkap2

50 Contoh Soal UTS/PTS Informatika Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP/MTS Lengkap2 - Halo selamat datang kembali di blog kumpulan soal sekolah, postingan kedua soal penilaian tengah semester ganjil informatika kelas viii semester ganjil ini, merupakan lanjuan 50 contoh soal PTS informatika kelas 8 sebelumnya (soal UAS nomor 1-30) dengan berisikan materi yang sama, yaitu soal informatika tentang internet dan jaringan lokal (bab 1).

Perbedaan dari postingan kedua/terakhir ini adalah pada butir soalnya, bila sebelumnya berbentuk pilihan ganda/PG, maka untuk bagian ke-2 berbentuk essay/uraian dengan pertanyaan dimulai dari nomor 31.

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!

31. Tuliskan dampak down dalam jaringan lokal!
Jawaban : Down dapat menyebabkan komunikasi dalam jaringan menjadi lambat atau tidak bekerja sama sekali.

32. Sebutkan Indikator-indikator pada server yang memberikan isyarat jika terjadi kerusakan atau tidak berfungsinya komponen!
Jawaban : Server adalah computer yang biasanya dikhususkan untuk penyimpanan data atau system operasi berbasis network (Network Operating System), berisikan daftar user yang dipebolehkan masuk ke server tersebut.  Jadi apabila komputer server mengalami kerusakan atau gangguan secara otomatis seluruh jaringan tidak berfungsi karena server merupakan pintu dan sebagai pusat jaringan tersebut. Jadi apabila seluruh jaringan tidak dapat berfungsi berarti tejadi gangguan atau kerusakan pada server.

33. Jelaskan yang dimaksud workstation!
Jawaban : Workstation adalah komputer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan computer tersebut dengan computer lain atau computer tersebut dengan server.

34. Topologi jaringan di mana server dihubungkan ke beberapa workstation yang membentuk lingkaran (cincin), adalah….
Jawaban : Topologi Ring

35. Yang mengatur semua sistem di dalam jaringan disebut….
Jawaban : Server

36. Jaringan komputer antara wilayah, antarkota, bahkan antar benua menggunakan jenis jaringan….
Jawaban : WAN

37. Saat ini hampir semua LAN menggunakan jenis kabel….
Jawaban : UTP

38. Jaringan komputer di mana setiap host bisa menjadi server dan juga klien merupakan pengertian dari….
Jawaban : Peer to peer

39. Setiap komputer pada topologi cincin terdapat sebuah….
Jawaban : Repeater

40. Modem dibagi menjadi dua, yaitu….
Jawaban : Internal Modem dan Eksternal Modem

41. Bagaimana cara standar dalam perawatan jaringan lokal?
Jawaban : Jaringan komputer yang terpasang dengan baik jangan sampai dibiarkan begitu saja tanpa perawatan yang memadai sehingga fungsi dari jaringan tersebut tidak berjalan dengan benar, untuk itu dibutuhkan proses dalam perawatan jaringan lokal (LAN) agar jaringan tetap berfungsi dengan baik sebagai jalur komunikasi antar beberapa unit komputer dalam jaringan.

42. Tuliskan cara melakukan perawatan perangkat keras agar jaringan dapat beroperasi dengan baik?
Jawaban : Berikut ini adalah cara-cara dalam melakukan perawatan perangkat keras jaringan agar jaringan dapat beroperasi dengan baik.
a. Membersihkan setiap perangkat keras jaringan dari debu yang menumpuk dan melakukan penyusunan kebel LAN secara teratur untuk mudah dalam melakukan penelusuran kesalahan. Oleh karena itu kabel LAN biasanya diberikan sebuah label
b. Memastikan antenna yang terhubung ke ISP tidak berubah posisi dari posisi semula dan berada pada kondisi Line Of Sight. Apabila terjadi kesalahan dalam pengkabelan dapat digunakan alat yang bernama LAN terter. Fungsi dari alat ini adalah untuk menguji redaman suatu kabel LAN maupun struktur kabel tersebut.
c. Apabila diketahui bahwa kesalahan disebabkan oleh rusaknya hub sehingga beberapa user terganggu aktifitasnya. Komponen switch dapat digunakan sementara untuk mengatasi hal tersebut. Sedangkan apabila diketahui bahwa kesalahan disebabkan oleh rusaknya router pinjaman dari ISP sehingga semua user yang tergabung dalam jaringan tersebut terganggu aktifitasnya maka PC Router dapat digunakan sementara untuk meminimalkan gangguan tersebut.

43.  Sebutkan prosedur-prosedur perawatan yang tidak dapat dilakukan secara internal perangkat keras!
Jawaban : Akan tetapi ada keterbatasan dalam melakukan perawatan dan pemeliharaan jaringan. Ada prosedur-prosedur perawatan yang tidak dapat dilakukan oleh internal contohnya antara lain sebagai berikut :
1) Penginstallan Antena AP yang dipinjamkan oleh pihak ISP yang terletak pada kantor ISP tersebut.
2) Penginstallan kabel serat optik yang akan digunakan sebagai media penghubung dari ISP ke pelanggan.

44. Sebutkan cara untuk dapat menguji konektivitas dan kinerja access point!
Jawaban : Sementara itu untuk dapat menguji konektifitas dan kinerja access point sehingga dapat memonitor sedang dalam kondisi apa AP tersebut dapat menggunakan sebuah software yang bernama netstumbler.

45. Uraikan prsedur perawatan yang dapat dilakukan secara internal!
Jawaban : Sedangkan prosedur perawatan yang dapat dilakukan secara internal contohnya antara lain adalah sebagai berikut.
1) Membersihkan komponen jaringan dari debu dan kotoran lainnya
2) Pembuatan dan penjagaan firewall untuk kepentingan perusahaan

46. Sebutkan faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan komputer!
Jawaban : Faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan tersebut adalah :
a. Tegangan listrik
b. Mati atau tidak berfungsinya komponen jaringan

47. Jelaskan yang dimaksud kondisi down dalam jaringan lokal!
Jawaban : Dalam system jaringan LAN sering kita menyebut permasalahan yang menyebabkan seluruh atau sebagian jaringan terganggu disebut jaringan dalam kondisi down.

48. Terdapat tiga macam jenis jaringan, yaitu….
Jawaban : LAN, WAN, dan MAN

49. Topologi yang terdapat pada jaringan, yaitu….
Jawaban : Topologi Start, Linear Bus, Ring

50. Topologi jaringan dimana menjadikan komputer server menjadi titik pusat pelayanan bagi semua workstation adalah….
Jawaban : Topologi Start

Lanjut ke soal setelah PTS (Bab 2) ==>  30 Contoh Soal PG Informatika Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP/MTS Lengkap3 Dan untuk soal essay/uraian, baca 40 contoh soal essay informatika kelas 8 semester ganjil K13

Post a Comment for "50 Contoh Soal UTS/PTS Informatika Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Edisi Revisi SMP/MTS Lengkap2"